Connect with us

Daerah

Bangunkan Sahur, Pemuda Kaliangsana “Ngarak Bedug”

Published

on

Foto : Cara unik para pemuda Desa Kaliangsana , Kecamatan Kalijati, masih menjalankan tradisi ngarak bedug untuk membangunkan warga untuk sahur.

SUBANG,Lampusatu.com,- Memasuki bulan Ramadhan 1439 Hijriah, di beberapa daerah masih ditemui tradisi-tradisi unik.

Salah satu tradisi unik yang tidak ditemukan di belahan dunia lain ialah tradisi membangunkan sahur. Di Subang, tradisi membangunkan sahur disebut dengan tradisi ‘ngarak bedug’ atau mengarak bedug.

Diakui atau tidak, keberadaan mereka yang membangunkan sahur bagi umat muslim yang hendak menyantap makan sahur masih banyak yang merasa terbantu.

Tak jarang kita mendengar selama bulan puasa , terutama kaum ibu-ibu mengaku kesiangan karena tidur terlalu puas ataupun alasan klasik lainnya.

Misal di Desa Kaliangsana , Kecamatan Kalijati, para pemudanya masih menjaga tradisi ngarak bedug untuk membangunkan warga untuk sahur.

Mereka terdiri dari para pemuda dan anak-anak biasanya mulai bergerak mengarak bedug dari dusun ke dusun dimulai sekira pukul 02.00 Wib lagi sampai 03.00 Wib.

Tak jarang saat keliling , para pemuda kreatif inipun mendapatkan makanan ataupun minuman yang sengaja di gantungkan di depan rumah nya masing-masing.

“Saya sebagai Ketua RW 01 Kaliangsana merasa senang dengan adanya para Pemuda berkeliling membangunkan warga nya. Dan alhamdulillah para pemuda pun sangan bersemangat membangun kan warga yang terlelap tidur supaya tidak kesiangan untuk masak dan santap sahur,”kata Nalsim Ketua RW 01 Kaliangsana, kepada redaksi Lampusatu.com.

Menurutnya, suara yang ditimbulkan dari pukulan bedug dapat membuat orang terkejut dan akhirnya bangun.

” Alasan inilah yang kemudian digunakan untuk membangunkan orang sahur saat Ramadan,”terangnya.

“Saya sanga senang bisa membantu membangunkan warga Kaliangsana biar tidak kesiangan untuk makan sahur, “ungkap pemuda setempat Iqbal (18).

Wartawan : Iwan Sukmawan

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *