Connect with us

Daerah

Baznas Subang Tetapkan Besaran Zakat Fitrah Rp27.500

Published

on

Foto : H.Anang Jauharudin selaku Ketua Baznas Kab.Subang didampingi Kabag Humas Pemkab Subang Asep Setia Permana dan staafnya Anita saat memberikan konferensi persnya kepada Wartawan di kantor Baznas, Selasa (14/5/2019)

SUBANG,Lampusatu.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Subang menetapkan besaran zakat fitrah pada bulan Ramadhan 1440 Hijriah Tahun 2019 sebesar Rp.27.500 sama dengan harga beras 2 setengah kilo. Jumlah inipun dibulatkan menjadi Rp.30.000, karena ditambah kupon bulan dana infaq Rp.2500.

Baznas pun menargetkan tahun 2019 ini, pendapatan dari zakat, baik itu fitrah, maal, dan infak/sedekah naik sebesar Rp.5 persen dari tahun 2018 lalu, yang dikumpulkan dari seluruh Unit Pengelola Zakat (UPZ) dari seluruh Kecamatan se – Kabupaten Subang.

Baca juga  Bataliyon Armed 9 Pasopati Kostrad Gelar Turnamen Volly antar Pelajar

Hal tersebut diungkapkan H.Anang Jauharudin selaku Ketua Baznas Kab.Subang didampingi Kabag Humas Pemkab Subang Asep Setia Permana dan staafnya Anita dalam acara konferensi persnya kepada Wartawan di kantor Baznas, Selasa (14/5/2019).

Untuk kertas bukti pembayaran zakat dari masyarakat kata Anang, pihaknya sudah menyiapkan sebanyak 1,2 juta lembar, yang  didistribusikan ke masing -masing UPZ.

Baca juga  Tim Satgas Pangan Sidak ke Sejumlah Pasar Tradisional

“Jumlah 1,2 juta lembar itu diambil dari jumlah masyarakat Subang sebanyak 1,5 juta orang yang di potong 20 persen. 10 persennya untuk umat kristiani dan 10 persennya untuk lainnya,”jelasnya.

Anang mengakui, bahwa persoalan Zakat memang sesuatu yang sangat berat dikeluarkan oleh setiap orang. Namun, pihaknya sejauh ini telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengajak masyarakat untuk sadar membayar zakat. Salah satunya, dengan cara jemput bola, dimana para petugas Baznas melaui program yang dinamakan Layanan Aktif Baznas (LAB) turun langsung ke masyarakat.

Baca juga  Baznas Purwakarta Distribusikan Zakat kepada Para Guru DTA

“Artinya Baznas Subang telah berupaya semaksimal mungkin untuk mengajak masyarakat untuk membayar zakat. Untuk jumlah penerimaan zakat dari ASN pun setiap tahunnya mengalami penurunan yang cukup signifikan. Hal ini menunjukan bahwa soal zakat cukup sulit, diakibatkan berbagai faktor,”tandasnya.

Red : Galih Andika

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *