Connect with us

Daerah

Desa Legokhuni Bakal Dijadikan Desa Bebas Narkoba

Published

on

Foto : Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo dihadapan masyarakat Desa Legokhuni, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, saat Sosialisasi bahaya narkoba dan Pencanangan Desa bebas narkoba di wilayah setempat, Jumat (2/11/2018).

PURWAKARTA,Lampusatu.com, – Narkoba merupakan musuh bersama setelah kemerdekaan yang harus diperangi bersama, dengan menjanjikan kenikmatan yang semu, Narkoba membunuh satu persatu generasi penerus tampa kenal ampun, dan mirisnya, racun racun yang disebarkannya itu telah merambah sampai ke anak anak yang masih duduk dibangku Sekolah.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo dihadapan masyarakat Desa Legokhuni, Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta, saat Sosialisasi bahaya narkoba dan Pencanangan Desa bebas narkoba di wilayah setempat, Jumat (2/11/2018).

“Kabupaten Purwakarta masih menjadi sasaran peredaran narkoba karena permintaan pemakai narkoba didaerah ini masih sangat tinggi,  dan ketika permintaan masih tetap tinggi maka para pengedar atau bandar narkoba akan terus berupaya memasoknya dengan berbagai jurusnya yang ada,” kata Heri.

Baca juga  Satresnarkoba Polres Purwakarta Sosialisasikan P4GN kepada Para Pelajar SMP

Walaupun Kecamatan Wanayasa masih dalam zona rambu kuning peredaran narkoba, Heri menambahkan, tapi masyarakat Wanayasa harus tetep waspada terhadap peredaran narkoba yang merambah ke semua daerah yang ada di Kabupaten Purwakarta.

“Ya tidak menutup kumungkinan, jika kita semua tidak peduli mulai sejak dini, Kecamatan Wanayasa bisa menjadi zona rambu merah peredaran narkoba,” kata Kasatres Narkoba.

Dengan demikian, lanjut dia, seluruh komponen masyarakat harus berani mengepalkan tangan dalam memerangi Narkoba demi menyelamatkan generasi muda penerus bangsa, dan hal itu akan kita persatukan didalam sebuah wadah yakni Kampung Bebas Narkoba.

Baca juga  Perum Perhutani Kesatuan KPH Majalengka Gelar Pembinaan dan Pelatihan Polhut

“Ya mudah-mudahan Desa Legokhuni, ini bisa menjadi Desa bebas narkoba di wilayah Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta,” harap Heri.

Ditempat yang sama, Kapolsek Wanayasa, AKP Sutikno, menambahkan, penanggulangan penyalahgunaan Narkoba merupakan sebuah prioritas yang tidak bisa ditunda karena menjadi ancaman serius bagi masyarakat, bahkan bagi kelanjutan generasi bangsa.

“Penanganan korban penyalahgunaan narkoba, memerlukan pendekatan yang kompleks. Tidak hanya secara klinis dan sosial, namun juga melalui berbagai aspek. Maka dari itu kami akan dorong Desa Legokhuni menjadi Desa bebas narkoba di wilayah Kecamatan Wanayasa,” kata Sutikno.

Baca juga  Optimalisasikan Program P4GN, BNNP Jabar Bersama Polres Purwakarta Gandeng Unsur Tiga Pilar

Dikatakannya, kedepan di Desa Legokhuni, Kecamatan Wanayasa narkoba akan diperangi oleh semua komponen masyarakat mulai dari Lurah, RW, RT, Karang taruna, Pemuda, ibu ibu atau kader PKK serta tokoh masyarakat lainnya, dan hal seprti itulah yang akan diterapkan Polsek Wanayasa.

“Diharapkan desa bebas narkoba nantinya dapat menjadi garda terdepan dalam menyadarkan masyarakat dan keluarga sehingga bisa meminimalisir penyalahgunaan narkoba di wilayah Kecamatan Wanayasa, umumnya di Purwakarta,” pungkasnya.

 

 

Wartawan : Alif