Connect with us

Daerah

Di Cirebon, Hut ke-42 PSBD Kelabang Pecahkan Rekor ORI

Published

on

Foto : Ribuan masyarakat Cirebon, Jawa Barat, menyaksikan pagelaran Suminar Caruban menebus batas seni dan budaya, di Alun-alun Keraton Kacirebonan, Sabtu (28/7/2018).

CIREBON,Lampusatu.com,- Ribuan masyarakat Cirebon, Jawa Barat, menyaksikan pagelaran Suminar Caruban menebus batas seni dan budaya, di Alun-alun Keraton Kacirebonan, Sabtu (28/7/2018).

Acara tersebut, selain dalam rangka Hut ke-42 PSBD Kelabang, juga sekaligus untuk memecahkan rekor spektakuler 2018 dari Original Rekor Indonesia (ORI).

Saking uniknya kolaborasi penari topeng Cirebon yang tampil pada acara tersebut. ORI memberikan sejumlah penghargaan dan sertifikat dan menjadikan Keraton Kanoman serta Keraton Kacirebonan sebagai Duta ORI.

Presiden ORI, Agung Elvianto mengatakan, kolaborasi penari topeng Cirebon yang tampil pada acara peringatan Hut ke 42 Padepokan Kelabang itu memiliki keunikan tersendiri.

”Di sini kita melihat penampilan tari topeng ada satu keunikan ketika penampilannya dengan jumlah 42 disesuaikan dengan ulang tahun Padepokan Kelabang, tersebut,” ucap Agung.

Menurut Agung, acara yang didukung oleh dua keraton di Cirebon. Yakni, Keraton Kanoman dan Keraton Kacirebonan, hingga mendapat tempat tersendiri di hati para Sultan Cirebon tersebut.

“Acara ini disupport oleh dua keraton jadi sangat luar biasa untuk seni budaya bisa menjadi punya tempat tersendiri di hati Sultan,”ungkapnya.

Agung berharap, para seniman khususnya seni budaya di Cirebon lebih giat lagi untuk menampilkan kreasi seni dan budaya yang ada di Indonesia.

“Kami berharap mudah-mudahan penari topeng di Cirebon bisa menjadi legenda dunia,” harap dia.

Tak hanya itu, Agung juga berpesan, bahwa seni budaya tidak boleh pudar atau malah sirna, oleh sebab itu, pihaknya berharap kepada para pelaku sendi kebudayaan yang ada di Cirebon harus tetap menjaga dan melestarikannya.

Sementara itu, dengan rekor ORI yang diraihnya, Ketua Umum PBSD Kelabang, Kiki JJ, mengaku bangga dan tidak menyangka kolaborasi penari topeng Cirebon yang ditampilkannya itu.

Seperti, 42 topeng barong beling, 42 tari topeng kelana, 42 atraksi king kobra dan seni budaya lainnya telah mencatat sejarah baru dalam kolaborasi seni budaya di Indonesia, khususnya di Cirebon dengan memecahkan rekor ORI tersebut.

 

Wartawan : Jaja Sumarja

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *