Connect with us

Daerah

Didemo Massa, Pemkab Subang Berjanji Segera Tuntaskan Soal Gagal Bayar ke Pihak Ketiga

Published

on

Foto : Istimewa.

SUBANG,Lampusatu.com – Sejumlah massa yang tergabung dalam LSM Barataktak – Sabubukna melakukan aksi unjuk rasa di Depan Kantor Bupati Subang, Selasa (14/1/2020).

Kedatangan massa ke Kantor Bupati tersebut untuk menanyakan persoalan yang dinilai memalukan wajah Pemerintahan Kabupaten Subang terkait masalah gagal bayar Pemkab Subang kepada pihak pemborong atau pihak ketiga sebesar Rp.43 Miliar.

Aksi massa ini mendapat pengawalan yang cukup ketat dari pihak kepolisian dan TNI serta Satpol PP . Mereka diterima dengan baik oleh Sekertaris Daerah Subang H.Aminudin yang mengajaknya audiensi dengan mempersilakan beberapa perwakilan aksi massa di Ruang Bupati Subang .

Istimewa

Kepala BKAD Subang, H.Syawal yang dihadirkan pada kesempatan itu menyampaikan cukup jelas ihwal berita gagal bayar Pemkab Subang ke pihak ketiga.

Baca juga  Sambut Tahun Baru Islam 1440 Hijriah, Warga Kelurahan Sindangkasih Lomba "Ngaliwet"

Menurutnya, dengan banyaknya kegiatan kurang lebih dari 1.200 kegiatan dengan besaran yang harus dibayarkan kurang lebih sekitar Rp.43 Miliar maka pihaknya (Pemkab Subang) dengan tegas siap untuk menyelesaikan secara bersama-sama dengan cepat tanpa melanggar hukum.

“Artinya kami pemerintah daerah sudah punya solusi untuk bertanggung jawab dan akan segera menyelesaikan persoalan ini dengan secepatnya tanpa melanggar peraturan perundang-undangan,”ungkap Syahwal.

Syawal juga mengungkapkan salah satu penyebab utama kenapa gagal bayar tersebut bisa terjadi.

Baca juga  DPRD Majalengka Apresiasi Kinerja Kepolisian

“Jadi penyebabnya bukan karena adanya kebocoran anggaran tetapi karena tidak disalurkan nya dana bagi hasil pemerintah pusat kepada pemerintah daerah pada triwulan ke V,”ungkapnya.

Sekda Subang, H.Aminudin menambahkan pada prinsipnya tujuan utama kita saat ini adalah tentang pembayaran secepatnya kepada pihak ketiga.

“Hal tersebut sudah dijelaskan oleh Syawal Bahwa terkait hal ini Pemda Subang bersedia dan siap untuk membayar kepada pihak ke III dengan secepatnya tanpa melanggar peraturan perundang-undangan,”ujarnya

” Saya ucapkan terima kasih kepada rekan rekan semuanya yang sudah peduli dan bersedia hadir disini untuk mewujudkan subang yang lebih baik kedepannya,”timpalnya.

Baca juga  Presiden Jokowi Dikabarkan Hadir di Acara "Subang Trail Run Summerfest" HUT Subang ke-72

Sementara itu DPRD Kabupaten Subang yang diwakili Komisi III Roni yang juga ikut hadir dalam audiensi tersebut menyampaikan,”
Pandangan kami barangkali dari sudut DPRD menyikapi tentang Gejolak yang terjadi di penghujung 2019 kemarin sangat kaget. Dikarenakan adanya gagal bayar dari eksekutif kepada pengusaha yang berjumlah tidak sedikit sekitar Rp. 43 Miliar,”ujarnya.

“Kami menekankan agar eksekutif segera membayar dan melunasi kepada para pengusaha hutang yang belum dibayarkan dengan secepat cepatnya,”pungkasnya.

 

 

Galih Andika