Dukung Peningkatan Produksi Arang untuk Ekspor, Tahun Ini Bupati Subang Bantu Pembuatan 50 Tungku

42

SUBANG,Lampusatu.com –Bupati Subang H. Ruhimat didampingi presenter kondang Helmi Yahya dan produksi briket arang di kawasan Desa Ciawitali, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, (26/5/2021).

Dalam kunjungannya, Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang dan Helmy melihat kesiapan lokasi pembuatan briket arang yang dibuat dari arang hasil pilahan atau yang berasal dari tungku atau pusat produksi arang di beberapa lokasi terdekat.

Menurut Kang Jimat dirinya mendukung penuh upaya para pengrajin arang Subang untuk menjadikan arang Subang sebagai komoditas unggulan di tingkat dunia.

Baca juga  PPKM Darurat Berlaku 3 - 20 Juli 2021, Bupati Subang : Kepada Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada Patuhi Prokes

Sebagai wujud nyata atas dukungan tersebut ia telah menyiapkan anggaran tahun ini untuk pembangunan 50 tungku arang di desa-desa yang berada di pangkuan hutan. “Kami bangun tungku-tungku arang karena menjanjikan, sehingga limbah-limbah akar pohon bisa dimanfaatkan penduduk untuk produksi arang” ujar Kang Jimat.

Kang Jimat pun mengungkapkan bahwa saat ini Kabupaten Subang belum bisa memenuhi berbagai pesanan yang berasal dari negara lain seperti Arab Saudi, Australia, Turki dan Korea serta .

Baca juga  Puluhan Pengendara Terjaring Razia di Jalan Raya Kalijati

“Untuk itu saya berharap dengan adanya pembuatan tungku-tungku baru dapat membantu meningkatkan produksi arang tersebut,”terangnya.

Kang Jimat  bersyukur bahwa kini Kabupaten Subang telah menjadi sentra arang Jawa Barat dan akan terus dikembangkan untuk menjadi sentra arang di Indonesia.

“Terkait regulasi ekspor arang, Kabupaten Subang saat ini merupakan satu-satunya di Jawa Barat yang memiliki izin tersebut.

“Alhamdulillah baru di Subang yang memiliki dan memenuhi kriteria dan persyaratan untuk ekspor arang di Jawa Barat,”timpalnya.

Baca juga  Aksi Simpatik Polwan Cantik Bagi - bagi Air Mineral ke Para Demonstran
Istimewa

Sementara itu Helmy Yahya sangat mendukung berbagai upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Subang dalam rangka mendukung pengembangan usaha arang di Kabupaten Subang dan berharap arang Subang menjadi komoditas ekspor yang mendunia.

Salah satu upaya dukungan yang dilakukannya saat ini yaitu tetap memberikan bimbingan dan mentoring kepada para pengusaha muda Subang khususnya dalam pengelolaan komoditas arang.

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini