Hadiri Musda Dekopinda Subang, Kang Akur : Pembangunan Perkoperasian Harus Terus Ditingkatkan

8

SUBANG,Lampusatu.com – Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Subang menyelenggarakan Musyawarah Daerah (Musda) dengan para anggota Dekopinda Kabupaten Subang di aula Dekopinda Jln. Sukamelang Subang. Rabu (11/11/20).

Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi hadir sekaligus membuka kegiatan musyawarah daerah tersebut.

Tema dalam musyawarah daerah Dekopinda tersebut yaitu “Melalui Musda perkuat kolaborasi antara koperasi untuk mewujudkan inovasi dan digitalisasi koperasi di Kabupaten Subang”.

Ketua Dekopinda Kabupaten Subang H. Da’eng Mamur menyampaikan bahwa tujuan menetapkan arah strategi dan kebijakan prmbangunan ekonomi di Kabupaten Subang sesuai Rencana Strategis (Renstra) Dekopinda 5 tahun kedepan, menjalankan amanah konstitusi Dekopinda dalam AD/ART Dekopin, menjaga kesinambungan, keharmonisan organisasi, kebijakan dan program pemberdayaan gerakan koperasi.

Baca juga  Kapolres Subang Ziarah Ke TMP Cidongkol

Dekopinwil Jawa Barat, Dr. Mustafa Jamaludin dalam sambutannya menyampaikan bahwa potensi perekonomian di Subang sangat besar dan akan terus berkembang mengingat saat ini wilayah Subang sudah didukung oleh insfrastruktur pembangunan salah satunya akses jalan tol dan pelabuhan Patimban yang akan mampu mendongkrak meningkatnya usaha perekonomian masyarakat Subang.

Ada 5 hal yang harus dilakukan Dekopinda Subang dalam mengikuti ritme pembangunan yang berkembang saat ini di Subang.

“Hal tersebut yaitu membuat renstra yang sudah disepakati untuk dilaksanakan, perlu adanya inovasi dengan menerapkan digitalisasi dalam dinamika usaha, harus adanya keharmonisan yang terpadu dan tersruktur antara Pemda Subang dengan Dekopinda, perlu adanya kekompakan antar anggota Dekopinda,”ujarnya.

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur dalam sambutannya menyampaikan bahwa Koperasi sangat sesuai dengan budaya kekeluargaan dan gotong royong yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Oleh karena itu pembangunan perkoperasian harus terus ditingkatkan agar dapat mewujudkan koperasi sebagai organisasi yang bisa membantu masyarakat usaha mikro dan usaha kecil dalam menanggulangi masalah pengangguran dan keterpurukan ekonomi di tengah pandemi.

Baca juga  WARNA ALAM Subang Berikan Trauma Healing kepada Anak-anak Korban Bencana Tsunami di Banten

Di era industri 4.0 bahkan menuju 5.0 koperasi harus mulai menggunakan teknologi informasi melalui digitalisasi, koperasi akan menjadi Garda terdepan dalam etalase perdagangan nasional maupun dunia.

“Melalui Musda ini diharapkan Dekopinda Kabupaten Subang terus berlari cepat dalam merespon perkembangan yang ada, pertahankan solidaritas dan tingkatkan semangat perubahan-perubahan ke arah yang lebih baik,”ucapnya.

Baca juga  TKI Asal Blanakan Subang Meninggal Dunia di China

Diharapkan Musda menjadi momentum tepat membangun ekonomi kerakyatan menuju lebih baik lagi sehingga koperasi di Subang makin maju ditengah pandemi.

“Ekonomi kerakyatan perlu dipertahankan dan inovasi melalui teknologi ditingkatkan untuk meningkatan ekonomi kerakyatan,”ujarnya.

Kita semua bisa melaukan inovasi yang unguk menghasilkan pelaku usaha kecil maju bersama.

“Dengan Musda Dekopinda Kabupaten Subang dapat menghasilkan kepengurusan yang akan terus menopang program unggulan Kabupaten Subang yang terangkum dalam jawara Niaga,”ujarnya.

Turut hadir pada krgiatan tersebut Dekopinwil Jawa Barat Dr. Mustafa Jamaludin, Kadis DKUPP Subang H. Dadang Kurnianudin, Lapenkop Daerah, anggota DPRD Kabupaten Subang, Ketua Dekopinda Subang dan para peserta gerakan koperasi Kabupatrn Subang.

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini