Connect with us

Daerah

Kabupaten Subang Layak Jadi Tuan Rumah Porda 2022

Published

on

Foto : Kabupaten Subang Layak Jadi Tuan Rumah Porda 2022.

SUBANG,Lampusatu.com,-Tim visit Pekan Olahraga Daerah (Porda) Jawa Barat mengunjungi Kabupaten Subang untuk memantau kesiapan tuan rumah Porda 2022, Selasa (7/8/2018).

Kunjungan Tim visit dari KONI Jabar itupun diterima langsung Plt Bupati Subang H Ating Rusnatim bersama Kadisparpora H Ahmad Sobari, Kepala BP4D H Sumasna, Kepala BPKAD H Syawal dan Kadisdukcapil H Dadang Kurnianudin.

Turut hadir juga Ketua KONI Yoyo Kustrio bersama para pengurus lainnya, sekaligus memberikan paparan teknis dan mengajak keliling tim visit KONI Jabar ke sejumlah venue yang akan digunakan Porda 2022.

Plt Bupati Subang H Ating Rusnatim merasa bersyukur atas kunjungan dari tim visit Porda Jabar.

Menurutnya, hidup itu harus punya tujuan atau cita-cita.

“Saya kira Asian Games jika tidak disanggupi, Kabupaten Subang tidak punya cita-cita. Begitupun menjadi tuan rumah Porda tahun 2022. Saya yakin Pemkab Subang pasti mendukung, ini menjadi motivasi untuk melakukan perubahan dan perbaikan bagi olahraga di daerah,” katanya Ating disela-sela acara.

Ating optimis dengan dibangunnya Pelabuhan patimban akan memberikan dampak baik untuk pembangunan di Kabupaten Subang.

Begitupun dengan sarana dan prasarana di olahraga di Kabupaten Subang. Kebutuhan Porda 2022 dari semua aspek akan disesuaikan dengan kemampuan daerah.

“Pemkab Subang akan menyesuaikan dengan tim transisi untuk Bupati dan wakil Bupati periode berikutnya,”terangnya.

“Yang menilai layak atau tidaknya Subang menjadi tuan rumah Porda 2022, tim visit Porda Jabar ini. Kami paparkan sesuai kemampuan, apa adanya potensi Kabupaten Subang. Kita harus optimis. Kami bergembira jika Porda 2022 diselenggarakan di Kabupaten Subang,” timpalnya.

Tim Visit Jabar tersebut terdiri dari Darius Krisdanu Purwana, Boyke Mulyana, Yuyun Yudiana dan Desi Aryawan. Darius mengatakan, ini kunjungan yang ketiga kalinya daerah yang mengajukan tuan rumah Porda 2022.

Antara lain, Kota Tasik, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang berdasarkan RAT KONI Jabar 2017. Konsep seleksi ada berbagai tahap, sesi interview dengan kepala dinas, pengcab dan pengurus KONI itu sendiri.

Setelah melakukan sesi wawancara dan mengunjungi beberapa venue yang diajukan serta bertemu dengan Bupati Kabupaten Subang.Darius berpendapat, setiap daerah yang mengajukan menjadi tuan rumah Porda, yaitu Kota Tasik, KBB dan Subang, hampir sama, memiliki PAD yang tidak cukup besar. Bahkan untuk menunjang pembangunan banyak tahapannya.

“Kelebihan dari Subang dibandingkan dengan KBB dan Tasik, ada beberapa sarana atau venue yang sudah ada. Hanya tinggal direnovasi dan dibangun kembali,” katanya.

Darius bersama tim terkejut ketika Ketua KONI Subang Yoyo Kustrio dan Kadisparpora Ahmad Sobari memaparkan dan menunjukan ada tanah 25 hektare yang akan dibangun sarana olahraga.

“Lokasinya memang ada, tetapi membutuhkan dana yang besar. Kami akan menilai lagi secara tim seluruhnya dan diplenokan di KONI Jabar, kemudian akan disampaikan ke Subang,” ungkapnya.

“Dari sesi wawancara sudah baik dan bisa dikatakan cukup layak. Tetapi jika hanya mengandalkan dari Provinsi Jabar dan Pemerintah Pusat cukup berat. Ini harus langsung ada niatan dari dari Pemerintah Kabupaten Subang dan legislatif agar kompak dan bisa dijalankan. Kita ingin ada penyebaran sarana dan prasarana juga prestasi di Jawa Barat,”jelasnya.

Mengenai sarana olaharaga di Kabupaten Subang, Kadisparpora H Ahmad Sobari menuturkan, pihaknya sudah mengajukan untuk berbagai pembangunan fasilitas olahraga. Belum lama ini, lapangan futsal berikut mess atlet sudah dibangun dan ditingkatkan menjadi in door dan penataan halaman parkir. Pembangunan gelanggang olahraga di Lapang Bintang menjadi ajuan, berikut rehab Stadion Persikas Subang.

Bukan hanya itu, perencanaan pembangunan sarana baru, GOR, Sport Centre, Aquatic Centre dan Stadion sepak bola kelas B juga sudah ada berikut DED nya.

“Ini harus didukung dan dikawal semua pihak. Jika sarana dan prasarana sudah terpenuhi, dibarengi pembinaan yang bagus, prestasi olahraga di Kabupaten Subang akan meningkat. Bahkan bisa jadi juara di Porda 2022,” tuturnya.

Ketua KONI Subang Yoyo Kustrio menambahkan, pihaknya siap menjadi tuan rumah Porda 2022. Menurutnya, peningkatan sarana dan prasarana olahara menjadi penting di Kabupaten Subang. Selain untuk kesehatan masyarakat, juga sebagai prestasi yang bisa mengharumkan nama daerah.

“Kita akan bangga jika ada atlet dari Subang yang beraga di tingkat nasional hingga internasional. Terlebih lagi, jika Subang menjadi pusat pelatihan olahraga dengan ditunjang sarana dan prasarana yang memadai,”pungkasnya.

 

 

Red : Galih Andika