Connect with us

Daerah

Kadisnaker Subang, Asep Nuroni : Tidak Ada PHK Massal di Pabrik Gula Purwadadi

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com,- Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Subang Asep Nuroni menyebut tidak ada Pemutusan Hubungan Kerja (PHK)  sepihak yang dilakukan oleh PT.PG Rajawali (Pabrik gula)  yang berada di Kecamatan Purwadadi, seperti yang diberitakan sebelumnya oleh awak media.

Menurutnya,  hal ini dipastikan setelah pihaknya melakukan audiensi langsung dengan pihak manajemen PG, terutama menyangkut persoalan yang dihadapi oleh perusahaan BUMN tersebut.

“Iya,  kami sudah melakukan audiensi bahkan mengunjungi perusahaan pabrik gula tersebut di Purwadadi. Hasilnya,  tidak ada PHK Massal apalagi sepihak. Melainkan adanya akusisi perusahaan.  Dengan total karyawan kurang lebih 400 orang untuk sementara dirumahkan, tanpa waktu yang tidak ditentukan. Jadi tidak benar kalau sampai seribu karyawan lebih,” ungkap Kadisnaker kepada redaksi Lampusatu.com.

Baca juga  Jelang Pileg dan Pilpres 2019, Polres Majalengka Gelar FGD

Dijelaskannya,  persoalan pesangon semua karyawan yang sementara dirumahkan tentunya menjadi kewajiban dan tanggung jawab perusahaan tersebut untuk segera dibayarkan.

“Namun persoalan itu merupakan privasi perusahaan di internal mereka. Ya mungkin mereka sudah membahasnya,”jelasnya.

Dibalik isu bangkrutnya perusahaan sampai pemecatan karyawan, dikabarkan pabrik gula dibawah naungan RNI inipun sebelumnya telah terlilit utang. Terlebih, terjadinya praktek KKN yang dilakukan sejumlah manajemen .

Baca juga  Demi Ciptakan Produksi Keramik yang Maksimal, UPTD Litbang Keramik Plered Terus Lakukan Penelitian dan Pengembangan

Menanggapi hal tersebut,  Asep mengungkapkan tidak tahu menahu persoalan yang sebenarnya terjadi di pabrik gula tersebut.

“Ya saya justru itu baru tahu persoalan ini,”imbuhnya.

Terlepas dari itu,  Asep juga mengungkapkan kondisi terakhir PT.Hansol Hyun yang berada di Desa Wanakerta,  Kecamatan Purwadadi, Subang.

“Saat ini semua karyawan PT.Hansol  Hansol hyun yang jumlahnya mencapai 1.200 orang sudah dijamin mendapatkan pencairan dana Jaminan Hari Tua (JHT)  dari klaim BPJS TK. Diantaranya sudah ada yang sudah cair, sisanya memang bertahap,”kata Kadisnaker. (Galih Andika). ***

Baca juga  KPPS Desa Tangulun Timur Terima 5246 Surat Suara Pilbup Subang

Ket.Gambar : Kadisnakertrans Subang Asep Nuroni mendampingi Bupati Subang Hj.Imas Aryumningsih dalam sebuah kegiatan beberapa waktu lalu. (Dok).

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *