Connect with us

Daerah

Lomba Qasidah Rebana Meriahkan Milangkala Kecamatan Jalancagak ke – 39

Published

on

Foto : Istimewa.

SUBANG,Lampusatu.com – Rangkaian kegiatan dalam rangka memeriahkan Milangkala Kecamatan Jalancagak Ke -39, Kabupaten Subang, terus digelar.

Kali ini pemerintah kecamatan Jalancagak, Panitia Milangkala dan Pengurus Muslimat NU tingkat Kecamatan Jalancagak, menggelar Lomba Qasidah Rebana, Hadroh, dan Paduan Suara, yang dilaksanakan di Aula Kecamatan Jalancagak, Jumat (14/2/2020) pagi hingga sore hari.

Lomba dibuka langsung oleh Plt Camat Jalancagak, Moch Rusilo Mulyono, dan turut hadir pada acara tersebut para Kepala Desa dan tamu undangan.

Dikatakan Plt Camat Jalancagak Moch Rusilo pemerintah Kecamatan Jalancagak bersama Panitia Milangkala berupaya menggairahkan Seni Qasidah yang masih hidup di tengah masyarakat di 7 Desa di kecamatan Jalancagak.

Baca juga  Puluhan Bikers Silih Asuh Indonesia Ramaikan Kirab Pataka Campernik di Jalancagak

Oleh karena itu, pihaknya memberi wadah dengan menggelar lomba Qasidah Rebana/ hadroh dan paduan Suara.

“Kami sangat mengapresiasi warga, khususnya dari kalangan ibu ibu, muda mudi yang tergabung dalam berbagai kelompok pengajian. Mereka menginginkan kesenian Islam berupa qasidah rebana terus dipertahankan dan dikembangkan. Salah satunya melalui kegiatan lomba ini,” kata Moch Rusilo saat ditemui Lampusatu.Com.

Menurutnya kegiatan tersebut selain menjadi ajang untuk mempererat tali silaturahmi juga menjadi sarana untuk melestarikan seni dan budaya islam yang banyak membawa manfaat dan syiar dalam syair syairnya.

Istimewa

Ia menambahkan, dirinya akan terus memfasilitasi kegiatan yang berdampak positif untuk mendukung pembangunan, mewujudkan kecamatan Jalancagak Camperenik, Subang Jawara.

Baca juga  Ruhimat Apresiasi Pengembangan Ekonomi Kreatif Desa Jalancagak

“Subang, jaya, istimewa, sejahtera, Amiin,” ucapnya.

Ketua Panitia Milangkala Chndara Manggala, menyebutkan lomba seni qasidah rebana dikuti sebanyak 17 grup.Terbagi dalam dua kategori, yaitu kategori remaja dan dewasa.

Selain peserta, masyarakat antusias menyaksikan lomba qasidah yang untuk kali pertama digelar di Aula Kecamatan Jalancagak. Ratusan warga, didominasi kaum hawa dari majelis taklim dari tujuh  Desa di Kecamatan Jalancagak menyaksikan lomba yang bertujuan mengembangkan seni budaya dan syiar Islam.

“Harapan kami agar kegiatan kegiatan bernuansa islami dan budaya islami terus dibudayakan melalui marawis dan qasidah seperti kesempatan kali ini,” kata Kang Chandra sapaan akrabnya.

Baca juga  Pagi Ini, TPS di Desa Sarireja Jalancagak Terbakar

Chandra meyebut, lomba Qasidah kali ini mengambil tema “Melalui Seni Budaya Islam, Jalancagak Camperenik, Wujud Nyata Subang Jawara, Muslimat Berkah”.

“Kami berharap, melalui kegiatan ini kita dapat lebih mempererat tali silaturahmi sesama umat, serta mengembangkan potensi diri untuk syiar islam melalui rangkaian demi rangkaian diacara Milangkala ini, Amiin,” ucapnya

Tampil sebagai juara dalam lomba Qasidah tersebut, Grup Qasidah Irenaria Desa Jalancaagak, asuhan Rohana Setiadi Ketua RW 004 .Kp Ciseuti dan Kepala Desa Jalancagak, Indra Zainal Alim. (Advetorial).

 

A.Tama