Connect with us

Daerah

LSM GMBI Majalengka Kritisi Penyaluran Program BPNT untuk Rakyat Miskin

Published

on

Foto : Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GMBI Distrik Kabupaten Majalengka, menyoroti penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi masyarakat miskin di Majalengka.

MAJALENGKA,Lampusatu.com,- Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) GMBI Distrik Kabupaten Majalengka, menyoroti penyaluran Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) bagi masyarakat miskin di Majalengka.

Ketua LSM GMBI Majalengka, H Agustinus Subagja, melalui Sekdis II, Tarkim Budianto mengatakan, merujuk hasil kajian di lapangan terhadap program BPNT perlu memperbaiki dalam pelaksanaan teknis program bansos tersebut agar efektif.

“Kita menemukan program BPNT tersebut manfaatnya justru tersalur malah ke rumah tangga yang tak miskin atau dinilai tidak tepat sasaran,” kata Tarkim, pada saat menggelar audensi bersama Dinas Sosial Kabupaten Majalengka, Kamis (26/7/2018).

Bahkan menurut dia, ada juga sebagian di beberapa kecamatan di Majalengka dalam pembagian Kartu Penerima Manfaat (KPM) tertahan di pihak lain bahkan hingga ada juga dalam penyaluran sembako tersebut tidak sesuai dengan yang dijanjikan kepada masyarakat.

“Oleh karenanya, ini perlu disempurnakan dalam penyampaian program BPNT tersebut, agar masyarakat yang benar-benar berhak menerima program ini bisa sejahtera,”ungkapnya.

Tak hanya itu, pihaknya juga mengaku bahwa saat ini telah sepakat bersama Dinas Sosial Majalengka akan terus mengawal dalam penyampaian program BPNT tersebut, karena selama ini pemerintah dinilai lemah dalam mensosialisasi program BPNT kepada warga masyarakat miskin.

Menyikapi persoalan tersebut, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Majalengka, Rieswan Graha menjelaskan, bahwa dari hasil audensi bersama GMBI, pihaknya dalam dekat ini akan menindaklanjuti dan akan segera memanggil pihak kecamatan dan para kepala desa/kelurahan.

“Kami sangat menyambut baik kedatangan GMBI dalam menyikapi program BPNT tersebut. Ini merupakan suatu masukan buat kami untuk sikap dan tindak lanjut kedepan guna menyempurnakan program tersebut,”jelasnya.

 

 

Wartawan : Jaja Sumarja