Connect with us

Daerah

Macan Kumbang yang Ditangkap di Subang, Kini Dilepasliarkan ke Kawasan Hutan Gunung Ciremai

Published

on

Foto : Istimewa

SUBANG,Lampusatu.com – Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Barat dan Balai Taman Nasional Gunung Ciremai akhirnya melepasliarkan macan kumbang atau panthera pardus melas jantan yang tertangkap di Subang, beberapa waktu lalu ke kawasan hutan Gunung Ciremai, Selasa (9/7/2019).

Pelepasliaran macam yang dihadiri langsung Direktur Konservasi Keanegaragaman Hayati (KKH) Kemen LHK, drh. Indra Eksploitasia, M.Si ini menurut Ketua Yayasan Sagunung Samaung,Subang, Iis Rochati didampingi pegiat lingkungan Cece Rahman yang dihubungi lewat WA-nya mengatakan, kalau pelepasliaran sesuai rencana Blok Leuweung Saeutik lereng utara Gunung Ciremai.

Baca juga  KPA Subang : Bulan Januari Hingga Juni 2018 Ditemukan 123 Kasus Baru HIV dan AIDS

“Kita sudah beberapa kali ikut pertemuan dan menghasilkan kalau macan tutul Jawa yang diberi nama Slamet Ramadhan akhirnya bisa menambah populasi macan sejenis di Taman Nasional Gunung Ciremai, “kata Iis dan keberadaannya pun akan tetap dimonitor selama 4 bulan GPS Colar.

Sebagaimana diketahui, macan kumbang yang berhasil dievakuasi setelah masuk ke perkampungan di Desa Sindangari, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, 1 Juni 2019 oleh Tim Gugus Tugas Evakuasi dan Penyelamatan Tumbuhan dan Satwa Liar Bidang KSDA Wilayah II dengan masyarakat, Pemerintah Kecamatan Kasomalang,Polsek Jalancagak, Koramil Jalancagak, Unsur Pemerintah Sindangsari, dan Kebun Binatang Bandung.

Baca juga  Mantan Ketua DPRD Subang, Bambang Herdadi : Warga Subang Harus Entrepreneur

Akhirnya dititiprawatkan di Lembaga Konservasi terdekat yaitu Kebun BinatangBandung karena mengalami luka dibagian kaki. Setelah masa perawatan selama 25 (dua puluh lima) hari dan pemantauan perkembangan oleh BBKSDA Jawa Barat, Tim Medis Kebun Binatang Bandung akhirnya macan kumbang itu dikembalikan ke habitatnya.

 

Sumber : Galamedianews.com

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *