Connect with us

Daerah

Miris! Aset Milik Pertamina di Kelurahan Sukamelang Terbengkalai

Published

on

Foto : Aset milik Pertamina yang berada di empat lokasi eksplorasi di Kelurahan Sukamelang, Kecamatan/Kabupaten Subang terbengkalai.

SUBANG,Lampusatu.com,-Aset milik Pertamina yang berada di empat lokasi eksplorasi di Kelurahan Sukamelang, Kecamatan/Kabupaten Subang terbengkalai. Hal tersebut  dikeluhkan warga sekitar yang khawatir bocor dan meledak.

Dari pantauan, plang penanda dibeberapa lintasan yang dilalui pipa Pertamina sudah tidak ada. Kalaupun ada, kondisinya sudah tidak terlihat dan kondisi besi penyangganya sudah berkarat dan hilang.

Padahal warga sudah sering melakukan unjuk rasa kepada pihak Pertamina terkait persoalan tersebut. Warga mendesak pihak Pertamina melakukan pemeliharaan pipa saluran yang melintasi pemukiman dan areal pesawahan milik warga.

“Kita ini jangan bangga berada di kota. Jauh dari bencana longsor dan sebaginya. Kata siapa di kota tidak mungkin ada bencana, apalagi Sukamelang yang dikeliling sumur Pertamina,” kata Ketua Forum RTRW Kabupaten Subang mewakili Lurah Sukamelang D. Kardilan dalam acara Maulid Nabi di Kelurahan Sukamelang, Selasa (20/11/2018).

Baca juga  Demi Ciptakan Produksi Keramik yang Maksimal, UPTD Litbang Keramik Plered Terus Lakukan Penelitian dan Pengembangan

Oleh karena itu, dalam kesempatan tersebut, Kardilan meminta kepada pihak Pertamina untuk bertanggung jawab melakukan pemeliharaan. Sehingga musibah yang ditakutkan oleh warga tidak terjadi.

“Saya sudah beberapa kali mendapat laporan dari warga. Banyak aset tidak dirawat dan dibiarkan. Padahal Sukamelang dikelilingi sumur Pertamina, dan pipa-pipanya melewati pemukiman. Oleh karena itu kita harus waspada,” katanya.

Baca juga  Ating : Gerakan Pramuka Sebagai Wadah Pendidikan Karakter Kaum Muda

Menurut Kardilan, ada empat lokasi ekplorasi milik Pertamina di Sukamelang, yakni dua sumur di RW 2, satu sumur di RW 1 dan satu sumur lagu di RW 14 yang paling besar.

“Kalau dilokalisi sumurnya memang aman, tapi ini saluran pipa yang melewati rumah warga kearah Cidahu yang merupakan lokasi Pertamina, menurut kita tidak aman, karena tidak terawat dengan baik,” katanya.

Menurut Kardilan jika kondisi ini dibiarkan terus menerus. Banyak pipa yang terancam bocor dan meledak. “Tidak ada tanda, kondisi pipa sudah tua. Ini bagaimana kalau ada petani atau warga yang gali tanah sembarang bisa meledak nanti,” keluhnya.

Baca juga  Jelang Pileg dan Pilpres 2019, Dekkma Nyatakan Sikap Tetap Netral

Ketua RW 14 Kelurahan Sukamelang Elan membenarkan bahwa selama ini memang perhatian Pertamina kepada lingkungan kurang. Banyak aspirasi yang disampaikan masyarakat kepada Pertamina tidak kunjung direalisasikan.

“Kondisi ini dibiarkan terus, kita bersama warga sudah beberapa kali melakukan aksi ke Pertamina, namun tidak perang ditanggapi. Padahal ini berbahaya. Apalagi di RW kami luar sumur milik Pertamina cukup besar,” katanya.

Sampai berita ini diterbitkan, belum ada tanggapan resmi dari Pertamina selaku pihak yang bertanggung jawab terhadap seluruh aset yang membahayakan warga Kelurahan Sukamelang, Subang.

Red : Galih Andika
Sumber : Mediajabar.com

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *