Connect with us

Daerah

Muspika Purwadadi Gelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Published

on

Foto : Muspika Purwadadi menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di halaman Kantor Kecamatan Purwadadi, Minggu (10/11/2019) pagi.

SUBANG, Lampusatu.com- Muspika Purwadadi menggelar Upacara Peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 di halaman Kantor Kecamatan Purwadadi, Minggu (10/11/2019) pagi.

Upacara peringatan Hari Pahlawan Inipun dipimpin Sekertaris Camat Purwadadi, Wawan Irawan, SI.p, MS.i. Dihadiri perwakilan dari Koramil 0508/Purwadadi, para Guru se-Kecamatan Purwadadi, para Kades se-Kecamatan Purwadadi, dan para tamu undangan lainnya.

Dalam Sambutannya, Sekmat Purwadadi, Wawan Irawan S.Ip, M.Si, membacakan sambutan Bupati Subang, H. Ruhimat S.Pd, M.Si, bahwa dalam kesempatan hari pahlawan tahun 2019 ini tentunya selaku warga masyarakat Indonesia selalu diingatkan peristiwa Pertempuran 10 Nopember 1945 lalu di Surabaya, sebagai salah satu momen yang paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia, dan pada pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya.

Istimewa

“Dalam peristiwa itu, kita di ingatkan bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namun memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu Negeri,”ujar Sekmat Purwadadi.

Baca juga  Peringati Hari Ibu ke-90 Tahun 2018, Lanud Suryadarma Gelar Upacara

Maka dari itu, dijelaskan Wawan, semangat yang ditunjukan para pahlawan dan pejuang tersebut, hendaknya perlu terus di tumbuh kembangkan didalam hati sanubari segenap insan warga negara Republik Indonesia.

“Saya mengharapkan dengan peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 ini, akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagai ungkapan salah seorang The Founding Fathers, Bung Karno.Hanya bangsa yang menghargai para Pahlawan nya, dapat menjadi bangsa yang besar,”ungkap Wawan.

Istimewa

Pahlawan masa kini, sebagai mana Tema hari Pahlawan tahun 2019 ini adalah “Pahlawan Masa Kini”.

Baca juga  Kapolres Majalengka Bareng Jurnalis Nobar Film 22 Menit

“Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat di lakukan siapapun Warga Negara Indonesia, dan tentunya dalam bentuk aksi-aksi nyata untuk memperkuat keutuhan NKRI, diantaranya, menolong sesama yang terkena musibah, dan tidak melakukan Provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum, tidak menyebarkan berita Hoax, tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dalam hal yang negatip,”ungkapnya.

Baca juga  Dandim 0619 Purwakarta Pimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Ini yang Disampaikannya

Selanjutnya pun sekmat menjelaskan, bahwa Hari pahlawan tahun 2019 ini kiranya bukan bersifat Seremonial saja, melainkan dapan diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

“Dengan menjadikan diri kita sebagai pahlawan Masa Kini, maka permasalahan yang menjadi bangsa dewasa ini, dapat teratasi, maka dari itu, marilah kita terus menerus berupaya memupuk nilai kepahlawanan agar tumbuh subur dalam hati sanubari segenap Insan Masyarakat Indonesia,”pungkasnya.

 

 

Iwan Sukmawan

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *