Connect with us

Daerah

Pandemi Corona, Aminudin : Sulit Dapatkan APD, Kalaupun Ada Harganya Bisa Berkali-kali Lipat

Published

on

Foto : Ketua Satgas Penanganan Penanggulangan Penularan Infeksi Virus Corona Kabupaten Subang, Drs. H.Aminudin yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Subang dalam konperensi persnya di Kantor BPBD Subang di Jln.Ks Tubun Subang, kemarin Selasa (24/3/2020).

SUBANG,Lampusatu.com – Ditengah Pandemi Corona Covid-19, para petugas medis di RSUD Subang mengeluhkan langkanya Alat Pelindung Diri (APD) dipasaran, mulai dari pasokan masker dan hand sanitizer bahkan kostum yang digunakan para medis setiap harinya saat ini.

Hal tersebut dibenarkan oleh Ketua Satgas Penanganan Penanggulangan Penularan Infeksi Virus Corona Kabupaten Subang, Drs. H.Aminudin yang juga Sekretaris Daerah Kabupaten Subang.

Ia bersama tim mengaku saat ini cukup kesulitan mendapatkan APD. Padahal APD adalah kebutuhan paling penting untuk digunakan para medis dalam pencegahan menangani dan para pasien yang terdeteksi Covid – 19.

Baca juga  150 Ribu Butir Telur Ayam untuk Anak-anak Usia Dini di Subang

Namun ia menilai langkanya APD dipasaran juga disebabkan banyaknya permintaan dari berbagai Negara. Sebab virus Corona ini menyebar hampir di seluruh penjuru dunia.

” Sekarang kita sulit dapatkan APD, kalaupun ada harganya bisa berkali-kali Lipat. Namun kita terus berusaha untuk memenuhinya,”ungkap H.Aminudin kepada Wartawan dalam konperensi persnya di Kantor BPBD Subang di Jln.Ks Tubun Subang, kemarin Selasa (24/3/2020).

Baca juga  Bupati Lebak Hadiri Satu Tahun Museum Multatuli

Dijelaskan Aminudin, dalam penanggulangan  pencegahan penularan infeksi virus corona, Pemkab Subang menyiapkan anggaran sebesar Rp.12,9 Miliar.

Anggaran sebesar itu memang sebelumnya tidak teranggarkan karena adanya penyebaran wabah virus corona, itu baru terjadi bulan ini. Sedangkan pembahasan anggaran untuk tahun anggaran 2020 telah dilakukan tahun 2019.

“Anggaran untuk kegiatan penanggulangan wabah virus corona diambil dari dana khusus yang dialokasikan tambahan penanggulangan bencana karena penanggulangan wabah virus corona sama dengan bencana,”terangnya.

Baca juga  Hadiri BBKT di Wisata Pondok Bali, Ketua DPRD Jabar Apresiasi "Kerja Nyata" Karang Taruna

“Sementara anggaran yang dipergunakan sekarang baru bisa dicairkan sebesar Rp2.5 miliar. Sedangkan sisanya untuk persiapan jika wabah virus ini benar-benar menular, karena sampai hari ini belum ada temuan satupun orang yang terinfeksi virus corona di wilayah Subang. Mudah-mudahan Subang zero corona”pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, untuk mencegah penularan virus Corona itu, para medis di RSUD mengunakan sementara APD dari jas hujan plastik.

Galih Andika