Para Pemuda di Kecamatan Maniis Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Persoalan karakter anak bangsa
menjadi sorotan tajam di masyarakat terutama dari aspek generasi muda yang sekarang ini dihadapkan pada situasi dan kondisi akibat terpaan globalisasi. Yang membawa dampak positif maupun negatif bagi kehidupannya.

Dewasa ini, kenakalan remaja yang sering temui adalah penggunan narkoba. Narkoba bukanlah sesuatu yang asing lagi bagi remaja.

Melihat kondisi ini Jajaran Reserse Narkoba  Polres Purwakarta bersama Karang Taruna menggelar sosialisasi bahaya narkoba pada generasi muda di Kecamatan Maniis Kabupaten Purwakarta, pada Kamis (24/10/2019).

Sekertaris Karang Taruna Kecamatan Maniis, Arie Pradana Putra, mengaku sosialisasi dilakukan agar para pemuda Purwakarta memahami bahaya narkoba dan meminimalisir pemuda agar tidak terjerumus kedalam lingkaran barang haram tersebut.

Baca juga  Ngabuburit "Ramadhan Ceria" , DKC Gelar Lomba Orasi Islam

“Satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta memberikan wawasan seperti apa bahaya narkoba. Ini penting untuk kita semua, jangan sampai kita jadi korban dari itu semua. Kita siap menyatakan perang terhadap narkoba,” ujar Arie.

Istimewa

Menurunya, proses pembentukan karakter generasi muda harus dimulai dari penetapan karakter pribadi yang sama-sama diharapkan dapat berakumulasi menjadi karakter masyarakat dan berkomitmen.

“Kita telah sering mendengar dan membaca berita tentang narkoba baik di media elektronik maupun media cetak. Di Indonesia, peredaran narkoba sudah menjadi permasalahan serius yang harus segera diatasi. Hingga kini, penyebaran narkoba sudah hampir tidak bisa di cegah,” ungkapnya.

Ditemui di usai memberikan materi dihadapan ratusan Pemuda Kecamatan Maniis, Kasat Resere Narkoba AKP Heri Nurcahyo mengatakan, Pemuda mempunyai peran sebagai agen inovasi dan pembaharuan dalam peradaban dunia.

Baca juga  Mobil Truck Bermuatan Tepung Terigu Menabrak Pembatas Jalan Raya Pantura

Menurutnya, Partisipasi pemuda sangat dibutuhkan dalam membangun jati diri bangsa. Pemuda juga merupakan pelopor bagi bangsa untuk menjadi inspirator bagi lingkungan sekitar dan pembangunan bangsa, jadi kalau bangsa ini maju pemuda harus jauh Narkoba

“Kalau pemudanya saja menyalahgunakan narkoba, bagaimana di kemudian hari menjadi inspirator muda untuk negeri,” kata Heri.

Saat ini, tambah dia, tantangan pemuda sebagai agen perubahan untuk kemajuan bangsa adalah memberantas penyalahgunaan narkoba.

“Sederhana saja, tentang peredaran narkoba yang luar biasa di Purwakarta. Pemuda harus melawan untuk tidak menjadi penyalahguna narkoba dan perang terhadap narkoba. Jangan mau dijajah oleh narkoba. Penjajah tanpa wajah adalah narkoba, sebagai generasi penerus pemuda harus bersih dari narkoba,” ungkap Heri.

Baca juga  Bangunkan Sahur, Pemuda Kaliangsana "Ngarak Bedug"

Untuk menghindari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, tambah dia, pemuda Purwakarta harus menjalani gaya hidup sehat dan melakukan berbagai upaya pencegahan dengan kegiatan-kegiatan positif.

Selain itu, Heri juga berharap kepada pemuda sebagai penerus bangsa yang hadir dalam forum dapat menjadi penggerak di lingkungannya masing-masing.

“Bangsa yang hebat bisa dilihat dari pemuda-pemudinya. Maka sebagai generasi muda jangan gentar menghadapi narkoba. Berantas oknum-oknum yang ingin merusak bangsa kita,” tegasnya.

 

 

Wartawan : Alif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini