Connect with us

Daerah

Pemkab Subang Jalankan Program Indonesia Sehat, Kini Giliran FKTP Puskesmas Mariuk Bakal Diakreditasi

Published

on

Foto : Istimewa

SUBANG,Lampusatu.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Subang menargetkan sedikitnya 14 Fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) Puskesmas di Subang bakal diakreditasi Tahun 2019, salah satunya Puskesmas Mariuk.

Dalam Akreditasi Puskesmas Mariuk tersebut akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 7 November – 9 November 2019.

Kepala Dinas Kesehatan Kab. Subang dr. H. Nunung Syuhaeri, MARS kegiatan akreditasi FKTP Puskesmas ini merupakan program indonesia sehat dengan sasaran meningkatnya akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas.

Selanjutnya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas maka puskesmas merupakan salah satu FKTP wajib terakditasi ini sesuai peraturan menteri kesehatan nomor 46 tahun 2015 bahwa puskesmas, klinik pratama, tempat praktik mandiri dokter gigi wajib terakreditasi.

Baca juga  Lima Ruang Kelas SMPN 10 Kahuripan Ludes Dilalap Si Jago Merah

“Adapun maanfaat akreditasi ini bagi Dinas Kesehatan Kabupaten Subang adalah sebagai wahana peningkatan mutu kinerja melalui peningkatan yang berkesinambungan terhadap system manajemen mutu, UKM, dan UKP,serta penerapan manajemen risiko,”ujar Kadinkes dalam acara kegiatan gala dinner persiapan Akreditasi FKTP Puskesmas Mariuk Kecamatan Tambakdahan, Rabu Malam (6/11/2019).

Melalui Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014 ini, setiap puskesmas harus terakreditasi, salah satunya mempersiapkan diri untuk mengikuti akreditasi mulai dari fisik bangunan, kinerja pelayanan dan juga lainnya, sehingga untuk puskemas di Kabupaten Subang bisa terakreditasi semuanya.

Baca juga  Samsat Majalengka Ungkap Hasil Operasi Kendaraan Lalu Lintas yang Jatuh Tempo Pajaknya

“Tujuan dari persiapan kegiatan ini mengharapkan peningkatan pelayanan, pada tahun 2019 sebanyak 14 puskesmas yang akan di survey akreditasi, puskesmas Mariuk merupakan puskesmas ke 10 yang akan di survey,”jelasnya.

Wakil Bupati Subang H.Agus Masykur yang hadir pada kesempatan itu berharap ada upaya perbaikan yang akan dilakukan puskesmas dalam rangka perbaikan mutu peningkatan kinerja dan penerapan manajemen risiko

Baca juga  Jembatan Cilutung Perbatasan Majalengka - Sumedang akan di Tutup, Ini Alasannya

“Pemerintah Kabupaten Subang mendukung, memotivasi kegiatan akreditasi FKTP Puskesmas yang ada di Kabupaten Subang ini salah satunya upaya mendorong terwujudnya Kabupaten Subang Sehat,”ujarnya.

“Pelayanan kesehatan di puskesmas yang berkualitas memegang peranan penting dalam meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap kinerja pemerintah sebagai pelayan publik. Saya mengingatkan, puskesmas harus banyak pelayanan konseling kesehatannya, dibandingkan pengobatannya. Puskemas lebih ke arah preventif – promotifnya yang bertujuan untuk pencegahan penyakit,”pungkasnya.

 

 

Iwan Sukmawan