Connect with us

Daerah

Polsek Jatiwangi Gelar “Family Gathering” di Kawasan Wisata River Tubing di Sungai Cikadongdong

Published

on

Foto : Petugas gabungan kembali menggelar Operasi Skala Besar di wilayah Kabupaten Majalengka, dan menggepandang puluhan wanita pengibur , pada Sabtu malam (28/7/2018).

MAJALENGKA,Lampusatu.com,- Keluarga besar jajaran Polsek Jatiwangi, Polres Majalengka, menggelar “Family Gathering” di kawasan Wisata River Tubing di Sungai Cikadongdong, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, Kabupaten Majalengka, Minggu (12/8/2018).

Menurut Kapolsek Jatiwangi, Kompol Asep S Fiqih, wisata bersama ini dalam rangka refreshing dan berlibur sejenak melepaskan beban tugas sehari-hari dalam melayani, mengayomi dan melindungi masyarakat.

Karena, kata dia, bagaimanapun setiap personil Polsek Jatiwangi harus selalu fresh, siap dan sigap menghadapi serta menangani permasalahan yang ada di wilayah hukum Poksek Jatiwangi.

“Disni selain kita berlibur juga banyak manfaat yang bisa dirasakan saat River Tubing. Diantaranya untuk meningkatkan kebersamaan, kekompakan dan belajar mencintai alam dengan menjaga kebersihan sungai,”ungkap kapolsek.

Seperti diketahui, bahwa wisata River Tubing merupakan salah satu potensi alam yang dikembangkan anak-anak milinial, Desa Payung, Kecamatan Rajagaluh, menjadi jagoan baru objek wisata di Kabupaten Majalengka.

Sungai Cikadongdong amat jernih dan berhulu langsung dari Gunung Ciremai. Dengan arus yang tidak begitu kencang, terdapat beberapa lokasi jeram yang dimanfaatkan anak muda Desa Payung tersebut untuk dijadikaan wahana wisata baru tersebut.

Untuk akses ke lokasi Itu cukup mudah. Jika naik kendaraan umum, bisa naik elf atau angkot menuju Terminal Rajagaluh. Kemudian naik kendaraan pick up. Setelah sampai di Desa Payung, kemudian jalan kaki sekitar 5 menit menuju garis start River Tubing tersebut.

Menurut pihak pengelola wisata tersebut, tarifnya, cukup membayar Rp20.000 per orang untuk weekday. Untuk weekwend, Rp25.000 per orang. Biaya tersebut sudah termasuk HTM, life guard alat pelindung diri (APD), teh manis, dan sewa ban maupun lainnya.

River Tubing di Sungai Cikadongdong, menurutnya, menempuh jarak sekitar 250 meter dengan dua tahap dengan tantangan berbeda. Tahap pertama, menempuh jarak 50 meter dengan tantangan yang ringan karena arus dan jeram yang dilalui relatif landai sehingga cocok untuk pemula.

Sedangkan, start dimulai dari pertemuan dua aliran sungai hingga daerah nusa, yaitu daratan yang terletak di tengah-tengah aliran Sungai Cikadongdong.

Tahap kedua, paling menantang. Dengan jarak paling jauh sekitar 200 meter, aliran Sungai Cikadongdong berkelok dan memiliki banyak jeram.

“Di jalur kedua ini, kita akan melewati jembatan jalan penghubung Desa Payung dan Desa Teja. Lalu akhirnya berhenti di garis finis yang memiliki aliran sungai landai,” jelasnya.

 

Wartawan : Jaja Sumarja

Hot News

Terbaru