Connect with us

Daerah

Puluhan Bacaleg “Rame-rame” Ikuti Medical Check Up

Published

on

Foto : Puluhan bakal calon legislatif dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ramai-ramai mengikuti tes kesehatan (medical chek up) di RSUD Bayu Asih Purwakarta, Kamis (12/7/2018).

PURWAKARTA,Lampusatu.com,- Puluhan bakal calon legislatif dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) ramai-ramai mengikuti tes kesehatan (medical chek up) di RSUD Bayu Asih Purwakarta, Kamis (12/7/2018).

Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Perindo Kabupaten Purwakarta, Raden Moch Ramdhan mengatakan, ini sebagai persyaratan sebelum didaftarkan oleh parti politik ke KPU. Selain tes kehatan fisik, mereka juga wajib mengikuti tes kejiwaan.

“Kami total yang ikut test ada 20 orang, namun untuk semua Dapil 100%, kuota perempuan semua terpenuhi. Semua kelengkapan Bacaleg dan syarat-syarat sudah kami kirim ke DPP semua, tinggal menunggu DPP, karena akan mendaftar secara serentak,” ujar Pria yang akarab disapa Baping itu.

Lanjut dia, pemeriksaan kesehatan hasil akhirnya berupa surat keterangan sehat jasmani maupun rohani sebagai syarat mencalonkan diri sebagai caleg.

“Untuk tes terdiri dari tes wawancara, tes urine dan MMPI,” ujar Baping.

MMPI adalah tes psikologi yang digunakan untuk proses diagnosa gangguan jiwa seperti gangguan anti sosial, gangguan seksual, gangguan depresi, kebohongan, dan sebagainya.

Untuk tes kesehatan jiwa diawali dengan wawancara bertujuan untuk menilai status psikiatri, fungsi kongnitif.

“Untuk menilai personality dan kapasitas diri. Hasilnya berupa surat keterangan sehat jiwa dan bebas napza,” tutupnya.

 

 

Wartawan  : Alif)