Connect with us

Daerah

Puluhan Rumah di Purwakarta Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

Published

on

Foto : detik.com

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Puluhan rumah di Desa Wanawali, Kecamatan Cibatu, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat rusak setelah diterjang angin puting beliung, yang terjadi pada Sabtu (15/02/2020) Petang. Kerusakan rumah warga ini terutama di bagian genting dan atap yang terbang dihantam angin kencang.

“Angin kencang terjadi di 2 RW, mulai dari RT 2 sampai RT 6, Mayoritas kerusakan pada atapnya, yang paling parah hanya ini aja atapnya roboh”, ucap Kepala Desa Wanawali, Edin saat ditemui ketika tengah gotong royong memperbaiki rumah warga yang roboh, Minggu (16/02/2020).

Baca juga  Yudi Junaidi Jabat Ketua Forum Pembina PMR Subang

Pasca terjangan angin puting beliung, warga di Desa Wanawali bahu membahu membersihkan puing bangunan yang masih berserakan dan berupaya kembali memperbaiki rumah warga yang rusak. Kencangnya terjangan angin juga menumbangkan sejumlah pohon, bahkan beberapa pohon menimpa rumah warga.

“Ada pohon durian, pohon rambutan yang sudah besar atau sudah tua itu roboh, kalo yang menimpa rumah Alhamdulillah pohonnya relatif kecil jadi tidak merusak berat rumahnya”, ucap Kades.

Baca juga  Munculnya Grup Publik Bernama ‘Gay Purwakarta’ , Ketua MUI Angkat Bicara

Angin puting beliung menerjang rumah warga dengan kisaran waktu yang tidak terlalu lama, kemudian disusul dengan turunnya hujan cukup deras dengan durasi hujan yang cukup panjang. Berdasarkan data sementara lebih dari 25 rumah warga mengalami kerusakan berat hingga ringan yang tersebar di dua RW dalam satu wilayah yakni di Desa Wanawali.

Baca juga  Ratusan Pelajar SMAN 1 Wanayasa Antusias Ikuti Sosialisasi Bahaya Narkoba

“Saya pulang dari serang (Sawah) rumah udah kayak gini bentuk anginnya lurus tidak memutar, alhamdulillah gak ada korban”, ujar Asep Warga yang rumahnya rusak.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun warga harus menanggung kerugian jutaan rupiah untuk membeli material dan memperbaiki kembali rumah mereka yang rusak.

Sumber : detik.com