Connect with us

Daerah

Sambut HUT Bhayangkara ke 73, Polres Purwakarta Gelar Perlombaan Penilaian Pos Kamling

Published

on

Foto: Penilaian lomba pos Kamling di Kecamatan Wanayasa, Kabupaten Purwakarta.

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Perlu dilestarikan dan ditumbuh kembangkan Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan potensi pengamanan swakarsa yang berasaskan budaya kepaguyuban dan gotong royong yang menjiwai masyarakat khususnya di wilayah pemukiman di tengah masyarakat di Jawa Barat ini.

Untuk itu, dalam rangka menyambut HUT Bhayangkara ke 73 Kepolisian Resort (Polres) Purwakarta menggelar lomba penilaian pos kamling tingkat kecamatan yang masuk wilayah hukum Polres Purwakarta.

Baca juga  Antisipasi Tindak Kejahatan di Malam Hari, Polsek Cibatu Gencar Lakukan Razia

Menurut Kapolres Purwakarta AKBP Matrius, Kriteria penilaian terdiri dari beberapa aspek, yang secara garis besar meliputi aspek kesiapan anggota pos kamling dan pos kamling nya itu sendiri.

“Nantinya mana saja yang sistem keamanan lingkungannya paling komprehensif, paling baik sesuai dengan indikator-indikator pencegahan gangguan keamanan juga sesuai dengan adat budaya lingkungan masing-masing. Ditambah juga mempunyai pos yang merupakan Central dari sistem keamanan lingkungan tersebut,” kata Matrius, saat ditemui di Mapolsek Wanayasa, Sabtu (15/6/2019).

Baca juga  Polres Purwakarta Gerebek Warnet Game Online 24 Jam, Satu Orang Positif Konsumsi Ganja

Dirinya mencontohkan, seperti yang terlihat di wilayah hukum Polsek Wanayasa, dimana warga di tempat ini tengah sibuk untuk persiapan atas program penilaian lomba pos kamling.

“Untuk soal hadiah pastinya ada, namun kami masih rahasia dong, biar semangat. Yang jelas kita ingin cari yang terbaik di Purwakarta,” ujar Matrius.

Bukan saja hadiah yang juara tingkat Polres Purwakarta, lanjut doa, nanti untuk juara ini akan dimajukan umum ikut lomba ke tingkat Polda Jawa Barat.

Baca juga  Ribuan Santri Diniyah Takmiliyah Angkatan III Ikuti Wisuda Akbar

“Untuk juara, nantinya kita jadikan perwakilan ke Polda Jabar. Pemenang lomba sudah kita ketahui sebelum 1 Juli 2019, namun pengumumannya jelas untuk tingkat Polres maupun Polda sama-sama pada saat 1 Juni 2019, pas HUT Bhayangkara,” pungkasnya.

 

Wartawan : Alif