Connect with us

Daerah

Selama Bulan Ramadhan, Polres Purwakarta Ringkus 14 Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

Published

on

Foto: Pelaku penyalahgunaan narkoba di wilayah Kabupaten Purwakarta yang berhasil diringkus satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta.

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Para pebisnis narkotika dan obat-obat terlarang (narkoba) seolah tak perduli pada keagungan bulan suci Ramadhan. Mereka seenaknya menjalankan bisnis haram yang sangat meracuni masyarakat.

Selama bulan Ramadhan satuan Reserse Narkoba Polres Purwakarta berhasil meringkus 14 tersangka penyalahgunaan narkoba di wilayah Kabupaten Purwakarta.

Dari 14 tersangka tersebut, 13 orang laki-laki dan 1 orang perempuan. Dalam 14 orang tersebut 4 orang diantaranya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) dan 2 orang reidifis atau pemain lama.

Baca juga  Kecewa Oleh Istrinya, Warga Kecamatan Maniis Nekat Gantung Diri

Menurut Kasat Resere Narkoba Polres Purwakarta, AKP Heri Nurcahyo, kemungkinan para pelaku mengira bahwa (aktivitas) petugas di bulan puasa berkurang di lapangan.

“Sebaliknya, kami justru bergerak terus di bulan puasa, terutama sambil menunggu sahur,” kata Heri, Selasa (4/6/2019).

Menurutnya, para pelaku yang ditangkap merupakan bagian dari jaringan peredaran narkoba. Ke 14 orang tersebut merupakan kurir, pemakai dan penjual.

“Mereka ini merupakan jaringan yang sudah menjadi target operasi karena kerap menjalankan bisnis haram di Purwakarta,” imbuhnya.

Baca juga  BBKT Karang Taruna 2017 Gelar Puluhan Aksi Sosial

Terkait tingginya kasus narkoba, diakui Heri, sudah dalam tahap mengkhawatirkan. Dan, sudah tentu peredaran uang dalam bisnis haram tersebut sangat besar.

“Masalah narkoba di wilayah Purwakarta benar-benar mulai mengkhawatirkan. Di bulan suci Ramadhan saja kami berhasil ringkus 14 pelaku, dan  masih banyak yang belum tertangkap termasuk yang kini masih kami kejar,” ujar Heri.

Heri berharap upayanya memberangus jaringan pengedar narkoba akan memberikan efek jera, kepada para pelaku tindak pidana narkotika.

Baca juga  Patroli KKYD, Polres Purwakarta Amankan Ratusan Botol Miras

Atas perbuatannya, ke 14 orang tersangka itu dikenakan dengan pasal 112 ayat (1) jo pasal 114 ayat (1) undang-undang tentang narkotika tahun 2009 dengan ancaman hukuman penjara maksimal 20 tahun atau hukuman mati.

“Diperlukan peranan semua kita untuk perang terhadap narkoba. Penangkapan ini sebagai bentuk keseriusan kita dalam memberantas peredaran narkoba di Purwakarta,” pungkasnya.

 

 

 

Wartawan : Alif