Connect with us

Daerah

Sungai Cipunagara Mulai Meluap, Persawahan di 5 Desa Terkena Dampak

Published

on

Foto : Kondisi terakhir sungai cipungara Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang.

SUBANG,Lampusatu.com – Intensitas hujan yang tinggi di wilayah Kecamatan Pamanukan, Kabupaten Subang, Jawa Barat, menyebabkan sungai Cipunagara mulai meluap.

Berdasarkan pantauan Lampusatu.com,  Selasa (12/2/2019),  sekitar pukul 08.00 Wib, sungai Cipunagara telah mencapai 5,70 Mdpl dengn Debit Air 477.03 M3 perdetik.

Kondisi naiknya permukaan air sungai Cipunagara tersebut diketahui terjadi dari kemarin Senin (11/2/2019), dini hari sekitar Pukul 03.00 WIB dimana ketinggian air telah mencapai 4.52 Mdpl.

Baca juga  Warga Desa Ciruluk Gotong Royong Jalankan Program Kerja Bhakti Padat Karya

Petugas pemantauan pos banjir Pamanukan Tarmini (48), mengungkapkan, bahwa kondisi sungai Cipunagara saat ini statusnya awas. Sebab untuk ketinggian diatas 5,70 dinyatakan Awas.

“Statusnya masuk awas, sudah diatas 5,70 Mdpl, dan Alhamdulillah hari ini Selasa (12/02/2019), TMA sudah mulai surut sekitar 5,40 Mdpl,”ungkap Ajum kepada Lampusatu.com, Selasa (12/1/2019).

Ajum menyampaikan bahwa dampak dari ketinggian sungai Cipunagara diangka tersebut akan memberikan dampak pada persawahan di 5 desa.

Baca juga  Blusukan ke Desa Pringkasap, H.Hermansyah Diberondong Aspirasi Jalan Rusak oleh Warga

“Air sini ini masuk sawah, pintu pembuangan kesawahnya karena ada yang rusak, jadi air ini mengalirnya ke sawah-sawah diantaranya Karangmulya, Bobos, sama Pangarengan,”kata Ajum sapaan akrabnya.

Ia mengatakan jika ketinggian diangka 5,70 -6,00 Mdpl masih terbilang aman, karena air hanya berdampak pada area persawahan dan tidak meluap ke permukiman.

“Kalau banjir ke permukiman itu sekitar 7,00 Mdpl, tapi statusnya saat ini memang awas,”tegasnya.

Baca juga  Danramil Cijambe : Pembangunan TPT Sepanjang 400 Meter , Selesai Dikerjakan

Ia mengatakan dari informasi yang diterima,  area persawahan di Blok Sukamanah, mulai teraliri sawah karena air telah meluap dari tanggul.

“Bahkan di Sukamanah air mulai meluap ke sawah. Dimana kondisinya cukup parah,” pungkasnya.

Wartawan :  Iwan Sukmawan