Connect with us

Daerah

Terdampak Corona, Ada 135 Ribu KK di Subang Bakal Terima Bantuan Sosial dari Pemerintah

Published

on

Foto : Kadinsos Subang, H.Deden Herdiana saat secara simbolis bantuan ke warga beberapa waktu lalu.

 SUBANG,Lampusatu.com – Sebanyak 135 ribu Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Subang yang menjadi calon penerima bantuan sosial dari Pemerintah yang terdampak covid-19 sudah dilaporkan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Hal tersebut diungkapkan Kadinsos Subang, H.Deden Herdiana kepada wartawan, Jumat (10/4/2020) pagi.

Dari jumlah calon penerima bantuan sosial tersebut dijelaskan Deden, dari hasil pendataan terbagi menjadi dua kategori, yakni  data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) yang berjumlah 84 ribu KK lebih, dan data Non DTKS yang jumlahnya mencapai 51 ribu KK lebih, sehingga jumlahnya mencapai 135 ribu KK lebih, yang akan mendapatkan manfaat.

Baca juga  Dinsos Subang Terima Kembali 34 Pasien ODGJ dari RSMM Bogor

“Jadi ada dua katagori warga masyarakat calon penerima manfaat bantuan sosial dari pemerintah itu, dampak dari covid-19. Pertama data DTKS yang sebelumnya merupakan keluarga prasejahtera yang berjumlah 84 ribu KK lebih, sedangkan yang Non DTKS yang jumlahnya 51 ribu KK lebih, yang sebelumnya sejahtera karena covid-19 menjadi pra sejahtera. Seperti misalnya para pedagang kaki lima, karyawan swasta yang terkena PHK,”jelasnya.

Baca juga  Kadisnaker Kabupaten Purwakarta Pastikan Para Petinggi PT.Dada Tidak Kabur dan Bayar Hak Para Buruh

Saat ini kata Deden,  menunggu petunjuk dari Gubernur tentang bentuk bantuan yang akan disalurkan kepada 135.679  KK lebih terdampak covid-19.

“Untuk penyaluran bantuan sosial tersebut, kami masih menunggu petunjuk dari Pak Gubernur Ridwan Kamil. Inginnya sih sebelum puasa nanti, bantuan itu sudah kami salurkan kepada penerima manfaat. Paling lambat di awal puasa nanti,”ujarnya.

Baca juga  Keren... DPC Apdesi Purwakarta Peringati Maulid Nabi Saw di Balong Cekdam Cibeber

Terkait anggaran untuk bantuan sosial itu dikatakan Deden, hampir dipastikan mengalami peningkatan jumlah anggaran, dari sebelumnya disediakan oleh Pemkab Subang itu sebesar Rp60 milyar. Mudah-mudahan bertambah hingga diatas Rp100 milyar.

“Meski belum final, dan sampai saat ini masih dalam pembahasan, kami pastikan bahwa total anggaran yang disiapkan pemkab Subang, untuk dana bantuan sosial itu, mengalami kenaikan, dari Rp60 milyar, menjadi Rp100 milyar lebih,” pungkasnya.

Ist

Galih Andika