Connect with us

Daerah

Tradisi Ziarah Makam Kubur di Hari Lebaran yang Tetap Terjaga Meski Ada Wabah Corona

Published

on

Foto : Ilustrasi.

PURWAKARTA,Lampusatu.com – Ziarah ke makam sanak saudara yang telah meninggal dunia di hari lebaran merupakan tradisi masyarakat sejak dulu.

Di hari pertama Idul Fitri 1441 H sebagian besar masyarakat mendatangi Pempat Pemakamam Umum (TPU).

Seperti terpantau di TPU Kampung Cikondang Desa Mekarsari Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purwakarta. Satu persatu masyarakat berdatangan memadati TPU tersebut.

Baca juga  Forum Alumni Muda HMI Majalengka Dukung HASANAH pada Pilgub Jabar

“Ziarah ke makam memang di hari pertama lebaran merupakan tradisi kami sejak lama, dan tradisi ini memang harus terjaga,” ungkap Dedah (45) salah seorang warga di kampung tersebut, Minggu (24/5/2020).

Ia mengaku ziarah ke makam bapak dan neneknya bersama sanak saudaranya membaca surat yasin, tahlil dan berdo’a serta membersihkan pemakaman dari rerumputan liar.

Baca juga  Cegah Covid-19, Polsek Bojong Gencar Patroli Malam

“Anak-anak kami bawa agar mereka juga tetap melakukan hal sama di kemudian hari,”  kata Dedah.
Tradisi ziarah kubur biasanya ramai dilakukan mulai dari H+1 sampai beberapa hari depan. Bahkan tidak jarang di luar hari-hari itu masih terdapat sejumlah warga yang datang untuk berziarah ke makam saudara dan kerabatnya di TPU tersebut.

Baca juga  Kwarda Pramuka Jabar : Subang Masih Mempertahankan Sebagai Kabupaten Pramuka

“Kami memilih ziarah ke makam bapak di hari pertama lebaran, sebelum silaturahmi ke sanak saudara nantinya,” ujar Agus Supriatna (30) warga lain menambahkan.

 Sumber  : Ayopurwakarta.com