Connect with us

Daerah

Turunkan Alat Berat, Koramil Subang Perlebar Sungai Cigadung 2 Meter

Published

on

SUBANG,  Lampusatu.com,- Setelah kesekian kalinya tanggul Sungai Cigadung jebol dan menerjang pemukiman komplek perumahan Surya  Cigadung, terakhir pada hari Rabu sore (22/11), Koramil 0501/Subang berinisiatif dengan Dinas PKPB Subang untuk memperlebar sungai Cigadung di Kelurahan Cigadung, Kecamatan Subang.

Pelebaran sungai tersebut dimulai hari ini Kamis pagi (23/11), dipimpin langsung Danramil Subang Kapten Inf Supriatna didampingi Kadis DPKPB H Hidayat. Dengan menurunkan bantuan satu alat berat.

Sebelum pelebaran dilakukan, telah dilaksanakan acara kerja bakti “Gawe bareng” anggota TNI dari jajaran Kodim 0605 Subang dan anggota polisi Polres Subang. Beserta petugas DPKPB dan warga setempat. Sedikitnya,  500 Karung yang berisi pasir dan split telah dibuat untuk dijadikan tanggul sementara untuk menahan laju derasnya air sungai.

“Iya dengan jebolnya tanggul di sungai cigadung ini cukup mengkhawatirkan. Untuk itu selain hari ini kita kerja bakti membersihkan sampah di sungai dan membuat 500 karung penutup tanggul. Kita juga ambil sikap untuk menambah lebar sungai cigadung selebar 2 meter sepanjang 50 meter dengan menurunkan satu alat berat, “kata Danramil 0501 Subang Supriatna kepada redaksi Lampusatu.com Kamis usai kerja bakti (23/11).

Dijelaskannya,  untuk tanah yang terpakai dalam pelebaran sungai tersebut sebelumnya sudah meminta izin kepada pemiliknya. Dan telah diketahui semua unsur muspika di Kecamatan Subang.

“Kita pastikan sementara ini sambil berjalan,  jika sore atau malam ini terjadi hujan tidak akan terjadi tanggul jebol lagi. Pokonya aman,”ungkapnya.

Sementara selama proses pelebaran sungai menggunakan alat berat ini menjadi tontonan warga. Karena,  selain proses pelebaran pun alat tersebut bekerja untuk mengeruk sampah dan pohon bambu yang tumbang menyumbat saluran sungai cigadung. (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Proses alat berat yang melakukan pelebaran sungai cigadung di Kelurahan Cigadung,  Kecamatan Subang, Kamis (23/11).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News

Terbaru