Connect with us

Daerah

Wabup Lebak Buka Penilaian Kwaran Tergiat di Gedung PGRI Bayah

Published

on

Foto : Wakil Bupati Lebak selaku ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lebak, membuka Penilaian Kwartir Ranting (Kwaran) Tergiat di Gedung PGRI Bayah, Lebak, Banten, Sabtu (2/3/2019).

LEBAK,Lampusatu.com – Wakil Bupati Lebak selaku ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Lebak, membuka Penilaian Kwartir Ranting (Kwaran) Tergiat di Gedung PGRI Bayah, Lebak, Banten, Sabtu (2/3/2019).

Menurut Ade Sumardi, selain untuk memotivasi gerakan pramuka ditingkat Ranting, kegiatan ini juga untuk melakukan evaluasi terhadap pembinaan yang dilakukan Kwarcab serta memastikan berjalannya program kerja kegiatan kepermukaan di Kabupaten Lebak.

Baca juga  Pj Bupati Purwakarta Ikut Sholat Idul Adha di Mesjid Agung Baing Yusuf

“Pramuka ini bersifat sukarela, yang ada hanya tanggung jawab masing-masing pengurus, jadi saya berharap program kerja dapat berjalan dengan mengawasi diri sendiri,” kata Ade

Kata Ade, bahwa setiap penggiat Pramuka dituntut ikhlas, mengingat gerakan ini dibentuk untuk mempersiapkan generasi muda yang berkualitas dan mempunyai daya saing.

Sementara itu, sekretaris Kwarcab Lebak, Unang Sunarya menjelaskan bahwa ada 3 aspek Penilaian bagi kwaran, diantaranya keorganisasian yang meliputi administrasi yang tertib dan dapat dipertanggungjawabkan, kewirausahaan dan lapotan kegiatan yang dilaksanakan secara periodik.

Baca juga  Warga Desa Bayah Barat Kaget SPPT Miliknya Telah Alih Nama

“Kami berharap semua kwaran dapat melaksanakan program kerja serta melaporkan secara periodik,” ujarnya.

Unang mengatakan, bahwa untuk tahap ke 2 akan dilaksanakan penilaian bagi Kwaran kecamatan Panggarangan, Bayah, Cilograng dan Cibeber.

Selain itu, unang mengatakan bahwa Kabupaten Lebak siap untuk mengirimkan utusannya mengikuti Pramuka Garuda yang digelar di tingkat Kwarnas.

Untuk diketahui, Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

Baca juga  Diduga Frustasi, Seorang Warga Kampung Jaura Nekat Gantung Diri di Bawah Pohon Rambutan

 

Wartawan : Sandul