Connect with us

Desa Kita

Awali Bulan Desember, Pemdes Bojongkeding Gelar Ruatan Bumi

Published

on

Foto : Istimewa

SUBANG, Lampusatu.com – Mengawali bulan Desember 2019, Pemerintah Desa Bojongkeding, Kecamatan Tambakdahan, Kabupaten Subang, kembali gelar peringatan ruatan bumi, Minggu (1/12/2019).

Acara yang digelar setiap setahun sekali pasca musim panen ini pun tampak lebih meriah dihadiri ribuan orang yang diisi berbagai macam kegiatan.

Diantaranya, berupa 30 arak-arakan mamanukan, makan bersama hasil pertanian warga yang dibawanya masing-masing, kesenian tari jaipong, bahkan malam hari adanya pagelaran wayang kulit purwa “gelar budaya” dalang, Kidalang Anom Hepi Kusdiana dari Sumuradem Indaramayu.

Baca juga  DESA KITA : Semarak Hari Krida Tani di Desa Jalupang, Syukuran Jelang Musim Panen

Kepala Desa Bojongkeding H. Herman mengungkapkan acara ruwatan bumi ini lebih kepada mengekspresikan rasa syukur masyarakat dan pemerintah desa yang telah seselsai masa panen padi dan menjelang musim rendeng.

” Bahwa rasa syukur yang kita wujudkan dengan menghibur seluruh warga desa dengan mengarak 30 anak dengan gotong mamanukan ini karena kita sudah hampir selesai panen dan dapat menyelesaikan kewajiban dalam pembayaran pajak bumi dan bangunan mencapai 76 persen. Alhamdulillah tahun ini meningkat 25 persen dari tahun kemarin dan moga kedepan bisa full 100 persen,”ujar Kades Bojongkeding ke Lampusatu.com disela acara.

Istimewa

Sementara itu menurut Ketua BPD Desa Bojongkeding, Otong Yuda yang juga Ketua Umum FK BPD Kabupaten Subang disela-sela pentas jaipong menyampaikan, bahwa mendukung kegiatan ruatan bumi ini sebagai tanda rasa bersyukur warga desa yang merupakan petani sawah dan petani buah mangga.

Istimewa

“Dengan adanya hiburan kesenian tradisional seni tari jaipong dan wayang kulit merupakan bukti dalam melestarikan budaya dan kesenian sunda juga panturaan. Semoga apa yg dilakukan warga dan pemdes dapat menjadi motivasi dalam meningkatkan kesejahteraan sebagai petani padi dan mangga serta sebagai buruh tani,”pungkasnya.

Baca juga  Camat Kalijati Resmikan Gedung Baru Desa Kaliangsana

 

Galih Andika