Connect with us

Desa Kita

DESA KITA : Mimpi Warga Desa Bajongloa, Jalan Penghubung dari Kecamatan Kasomalang ke Jalancagak

Published

on

Foto : Istimewa

SUBANG,Lampusatu.com – Warga Desa Bajongloa, Kecamatan Kasomalang sudah lama memimpikan adanya jalan yang menghubungkan wilayah mereka sebagai jalan penghubung ke desa Kumpay Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang.

Keinginan itu muncul, lantaran mereka kerap kesulitan menjual hasil bumi akibat minim akses.

“Kalau ada akses jalan penghubung dua desa ini tentunya akan lebih menunjang pertumbuhan ekonomi desa kami, “kata salah satu masyarakat desa Bojongloa, Asep kepada Lampusatu.com, Selasa (5/11/2019

Idealnya jalan penghubung di wilayah selatan Subang ini bisa menghubungkan Kecamatan Kasomalang ke Kecamatan Jalancagak.

“Jika ada jalan penghubung desa ini, tentunya bisa memberikan akses bagi kendaraan besar yang mengangkut hasil bumi,” terang dia.

Baca juga  Pengamat properti, Ali Tranghanda : Kabupaten Subang Potensial Jadi Kawasan Industri

Tak hanya meningkatkan roda perekonomian, keberadaan jalan pengubung ini juga bisa meningkatkan roda pembangunan. Termasuk mendongrak pengembangan pariwisata.

“Karena di desa Kumpay terdapat obyek wisata, saya optimis roda perekonomian dan wisata bisa berjalan beriringan sehingga tingkat kesejahteraan masyarakat akan meningkat,” tuturnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Desa Bojongloa Wahlin Wagianto menaruh harapan besar kepada TNI dan Pemkab Subang melaui program TMMD dalam rangka melaksanakan percepatan pembangunan di daerah mereka.

“Sebelumya, kami sudah merintis jalur jalan, dan itu sudah kami siapkan. Jika mimpi ini bisa terlaksana kami siap gotong royong bersama TNI demi mewujuadakan apa yang menjadi harapan kami selama ini,” tuturnya.

Baca juga  Sering Terjadi Kecelakaan di Tanjakan Sabrino, Warga Kecamatan Cijambe Minta Pemkab Subang Segera Bangun Jalan Lama

Wahlin menyebut, untuk panjang jalan pengubung itu kurang lebih sekitar 1,5 kilometer dengan lebar 2,5 meter.

“Saya sudah cek ke lapangan langsung bersama Pak Asep, Kades Kumpay. Dan apa yang menjadi harpan kami, hal sama diinginkan juga oleh Pak Asep, yakni membangun jalan penghubung, dari desa Kumpay ke desa kami,” ungkapnya.

Harapannya, tentu apa yang menjadi mimpi dan harapan warga kami sejak lama ini bisa segera terwujud.

“Karena ,dengan kegiatan TMMD ini sangat membantu masyarakat Desa, kami sangat berharap dengan kegiatan TMMD ini desa kami, secara perlahan mimpi kami untuk memajukan Desa dapat terwujud,” ungkap.

Sementara itu menurut Kades Kumpay Asep Pulloh, ia menili potert semangat Satgas TNI Manunggal Membangun Desa atau TMMD saat membangun jalur transportasi yang selama ini terhalang belantara berusaha mewujudkan mimpi dan harapan masyarakat.

Baca juga  Semua Calon Kades di Kecamatan Cikaum  Deklarasi Pilkades Damai

Mereka bekerja mewujudkan mimpi, asa dan harapan di hati masyarakat.

“Oleh karena itu, kami pun sangat sangat menaruh harapan program TMMD untuk bisa menjawab mimpi kami dan rahapan di hati rakyat, karena TNI hadir untuk rakyat, TNI dibesarkan oleh rakyat dan TNI ada untuk Rakyat, ” ungkapnya.

Kepala Desa Kumpay Asep Pulloh (kanan) dan Kepala Desa Bojongloa Wahlin Wagianto saat melakukan pantauan di perbatasan desa Kumpay dan desa Bojongloa.

 

 

Iwan Sukmawan