Connect with us

Desa Kita

LAK Galuh Pakuan Berikan 1 Juta Benih Serai Wangi ke 4 Kawasan Desa Berbasis Rempah

Published

on

Foto : Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas Kementerian Desa dan Transmigrasi Eko Sri Haryanto, mewakili Presiden Jokowi, meresmikan 4 desa menjadi Kawasan Desa Berbasis Rempah di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang, Rabu (27/3/2019).

SUBANG, Lampusatu.com,- Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas Kementerian Desa dan Transmigrasi Eko Sri Haryanto, mewakili Presiden Jokowi, meresmikan 4 desa menjadi Kawasan Desa Berbasis Rempah di Desa Cirangkong, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang, Rabu (27/3/2019).

Pada kesempatan itu Pemerintah Pusat menyerahkan 50 ribu benih serai wangi, 30 ribu benih lada putih, dan 20 ribu benih pala, dan Raja Lembaga Adat Karatwan (LAK) Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi menyerahkan 1 juta benih serai wangi kepada perwakilan Kelompok Tani dari 4 desa, yang menjadi Kawasan Desa Berbasis Rempah, sekaligus melakukan penanaman perdana serai wangi.

Baca juga  Rudi Darmawan Jadi PAW Kepala Desa Tajursindang Gantikan Aming

Penanaman perdana serai wangi di hadiri dan dipimpin langsung oleh Direktur Kerjasama dan Pengembangan Kapasitas Kemendes Eko Sri Haryanto, Dewan Karamaan Galuh Pakuan Brigjen TNI. Ahmad Saepudin, Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandaljati Evi Silviadi, Staf Kepresidenan Ariani Djalal, Perwakilan Relawan Rempah Opung, dan Staf Ahli Bupati Subang Indra Subhan, yang mewakili Bupati Subang Ruhimat, Mister Pred Perwakilan pengusaha dari Belanda, dan Mister Hirayama Yuukichi Perwakilan dari PT Awina Sinergi International.

Baca juga  Resmi Daftar Nyalon Kades Dawuan Kidul, Kutmay Komitmen Membangun Desa

Saat dikonfirmasi, Eko mengatakan, dengan penanaman perdana serai wangi dan jenis rempah-rempah ini, diharapkan mampu membawa kawasan desa ini, menjadi desa yang terkenal se-Internasional.

Istimewa

“Kawasan desa berbasis rempah ini, saat ini sudah dilengkapi dengan pemasangan internet gratis, sehingga mempermudah bagi masayarakat kawasan desa, memperkenallan diri ke keluar, baik di luar Subang, maupun dunia internasional,”ucap Eko didampingi Raja LAK Galuh Pakuan Rahyang Mandalajati Evi Silviadi kepada Wartawan.

Selanjutnya Eko menambahkan, terkait dengan kawasan desa bernasis rempah ini, Subang, merupakn yang pertama di Indonesia, yang menjadi kawasan desa berbasis rempah, setelah tahun lalu dicanangkan Presiden, di Semarang Jawa Tengah.

Baca juga  LAK Galuh Pakuan Jajaki Kerjasama dengan Bulog

“Dari 74 ribu desa di Indonesia, 500 desa yang sudah kita tetapkan menjadi kawasan desa, dan mendapatkan internet gratis, Subang Alhamdulillah mendapatkan 3 sekaligus,”pungkasnya.

Sementara itu ke 4 desa yang ditetapkan menjadi kawasan desa berbasis rempah ini yakni, Desa Cirangkong, Bantarsari dan Desa Cikadu Kecamatan Cijambe, serta Desa Cibalandongjaya Kecamatan Cibogo Kabupaten Subang.

 

 

Wartawan : Iwan Sukmawan