Connect with us

Desa Kita

Panen Raya, Warga Desa Ciruluk Berbondong- bondong Jemur Padi di Lapang

Published

on

Foto : Warga Masyarakat di Desa Ciruluk, Kecamatan Kalijati, Subang, berbondong-bondong menemur padi hasil panennya  di Lapangan Desa Ciruluk, Senin (18/3/2019) pagi. Jemur padi tersebut ternyata  sudah menjadi tradisi warga setempat sejak beberapa tahun yang lalu, dari lahan yang dimiliki puluhan bata sampai puluhan hektar.

SUBANG, Lampusatu.com – Warga Masyarakat di Desa Ciruluk, Kecamatan Kalijati, Subang, berbondong-bondong menjemur padi hasil panennya  di Lapangan Desa Ciruluk, Senin (18/3/2019) pagi. Jemur padi tersebut ternyata  sudah menjadi tradisi warga setempat sejak beberapa tahun yang lalu, dari lahan yang dimiliki puluhan bata sampai puluhan hektar.

Selama panen raya menjemur padi ini, diketahui sangatlah lekat nilai -nilai gotong royong masyarakat setempat. Dimana semuanya bersama-sama saling membantu satu sama lain. Menariknya, tradisi jemur padi hasil panen di lapang inipun dilakukan secara bergantian dengan desa lainnya , dengan periodik waktu selama satu bulan. Tak kurang dari 30 ton  padi basah dijemur setiap harinya.

Baca juga  Tiba di Desa Sindanglaya, Tim Penilaian Lomba Kesatuan Gerak PKK Jabar Diarak Naik Kuda Renggong

Kepala Desa Ciruluk, Dede Dermawan SE, yang di dampingi Babinsa Desa Ciruluk Serda Bambang mengungkapkan, bahwa  jemur padi di lapangan Desa Ciruluk tersebut adalah tradisi warga masyarakat Desa Ciruluk yang turun temurun.

“Jemur padi di lapangan ini memang sudah tradisi warga masyarakat Desa Ciruluk, dan mayoritasnya yang mempunyai sawah di wilayah Pantura Subang, dan seharinya bisa mencapai sekitar puluhan ton  menjemur padi di lapang ini,”ungkap Kades Ciruluk saat meninjau lokasi jemur padi di lapangan desa ciruluk, kepada Lampusatu.com, Senin (18/3/2019).

Istimewa

Ia juga mengaku merasa bangga dengan adanya panen raya warga Desa Ciruluk ini, dimana warga masyarakat bisa guyub bergotong royong. Sesuai visi pembangunan  di Desa Ciruluk yang dijuluki “CEKAS”.

Baca juga  Warga Palabuan Subang Jadi Korban Tabrak Lari, Ditemukan  Tergeletak di Tengah Jalan

“Hasilnya tradisi jemur padi di lapang ini dapat menjadi media silaturahmi antar warga desa ciruluk,”terangnya.

Secara terpisah, salah seorang warga yang ikut menjemur hasil panen padinya Ma Icih (65), mengungkapkan, sudah puluhan tahun hasilnya panennya di jemur di lapangan Desa Ciruluk  bersama warga lainnya.

“Saya pribadi sangat berterimakasih kepada Kades Ciruluk yang telah memberikan tempat atau mengijinkan lapangan desa untuk di pergunakan jemur padi,”katanya.

Baca juga  Jelang Bulan Ramadhan, Pemdes Wantilan Gelar Acara Baksos

 

 

Wartawan : Iwan Sukmawan