Connect with us

Desa Kita

Pemdes Sarireja Bagikan BLT Dana Desa

Published

on

Foto : Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Subang, Drs H.Nana Mulyana M.Si dan Camat Jalancagak Drs.Wawan Gunawan turut mendampingi aparat desa membagikan BLT kepada masyarakat.

SUBANG,Lampusatu.com – Pemerintah Desa Sarireja, Kecamatan Jalancagak, Kabupaten Subang mulai melakukan pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD), Minggu (31/5/2020).

Pembagian BLT dilakukan langsung oleh Kepala Desa Sarireja Nugraha, Sekretaris Desa Yona Herdiana, Pendamping Desa, Ketua BPD, Babinkamtibm, Babinsa.

Tak hanya itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Subang, Drs H.Nana Mulyana M.Si dan Camat Jalancagak Drs.Wawan Gunawan turut mendampingi aparat desa membagikan BLT kepada masyarakat.

Istimewa

“Saya hari ini turun langsung guna turut mengawasi penyaluran BLT kepada masyarakat yang terdampak Covid-19 di desa Sarireja, ” kata pria yang akrab disapa Kang Nana disela sela kegiatan
pembagian Bantuan Langsung Tunai (BLT) melalui Dana Desa (DD), Minggu (31/5/2020).

Baca juga  Agus Sopian Resmi Daftar Bakal Calon Kepala Desa Bantarsari

Ia menambahkan, penyaluran BLT harus terus dimonitoring agar BLT tersalurkan langsung kepada masyarakat yang berhak menerima.

“Dan penyaluran BLT dana desa ini akan terus disalurkan hingga tuntas di masing masing desa, di Subang,” katanya

Adapun terkait dengan Calon Penerima BLT dana desa masing masing desa,
sehubungan dengan adanya bencana penyebaran pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang berdampak bagi kehidupan sosial, ekonomi, dan kesejahteraan masyarakat Desa maka dilaksanakan Musyawarah Desa Khusus (Musdesus).

Baca juga  Tanpa Didukung Dana Operasional Penanganan Covid-19 Desa, Karang Taruna BBS Jalancagak Bangun Posko Mandiri

“Untuk itu kami menghimbau kepada para Kepala desa, berkaitan dengan data warga terdampak mohon pencermatannya untuk dilakukan validasi, verifikasi dan finalisasi dan diharapkan agar memberikan pengertian kepada warganya mengingat banyaknya jenis bantuan yang ada di masyarakat,” ungkapnya.

Ditambahkan Kepala Desa Sarireja Nugraha melalui Sekretaris desa, Yona Herdiana, jumlah penerima BLT-DD di desa Sarireja sebanyak 147 KK.

“Sebanyak 147 KK penerima dengan total anggaran Rp 396.900.000. Setiap keluarga penerima mendapat Rp 600 ribu per bulannya selama 3 bulan, dari bulan April hingga Juni. Di bulan ke 4 hingga ke 6 masing masing Rp 300 ribu perbulannya. Jadi masing masing penerima manfaat BLT dana desa ini totalnya mendapat Rp 2.700.000 untuk 6 bulan, (April -September), ” terangnya.

Baca juga  Warga Desa Tenjolaya Kasomalang Swadaya Gotong Royong Bangun Jalan Gang

“Selain itu, penerima diwajibkan mematuhi protocol Covid-19 di antaranya memakai masker, menjaga jarak, tidak bersentuhan fisik, dan cuci tangan pakai sabun,” ujar Yona, menambahkan

Penyaluran BLT-DD dilakukan secara tunai, ada yang diundang ke kantor desa, ada juga yang door to door untuk menjamin tepat sasaran.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah desa, diaharapakan BLT dana desa ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat yang menerima.

 

 

A.Tama