Mantan Direktur Keuangan Garuda Jadi Bos Konsorsium Pelabuhan Patimban

SUBANG,Lampusatu.com –  Mantan Direktur Keuangan PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Fuad Rizal, resmi menjabat sebagai Direktur Utama Konsorsium PT Pelabuhan Patimban Internasional (PPI) yang mengelola Pelabuhan Patimban. Informasi itu disampaikan dalam keterangan resmi Kementerian Perhubungan.

Menurut keterangan tersebut, Fuad Rizal mewakili PPI telah meneken perjanjian kerja sama pemerintah dengan badan usaha atau KPBU. “Pada hari ini pengoperasian Pelabuhan Patimban telah memasuki babak baru yang ditandai dengan penandatanganan perjanjian KPBU antara Direktorat Jenderal Perhubungan Laut dan Badan Usaha Pelabuhan terpilih, yaitu PT PPI,” ujar Sekretaris Jenderal Kementerian Perhubungan Djoko Sasono pada Rabu, 17 Maret 2021.

Baca juga  Pelabuhan Patimban, Subang Didorong Jadi Zona Industri Otomotif

Perusahaan konsorsium yang dipimpin Fuad mencakup empat badan usaha. Keempatnya adalah PT CTCorp Infrastruktur Indonesia milik Chairul Tanjung, PT Indika Logistic & Support Services, PT U Connectivity Services, dan PT Terminal Petikemas Surabaya. PT PPI memperoleh izin pengelolaan Pelabuhan Patimban selama 40 tahun.

Baca juga  South Pacific Viscose Berbagi Saat Pandemi COVID-19

Berdasarkan perjanjian KPBU, PPI akan memegang tanggung jawab suprastruktur dalam pembangunan Pelabuhan Patimban fase 1-2 dengan target penyelesaian pada 2026. Fase ini mencakup  pembangunan terminal peti kemas hingga kapasitas 3,75 juta TEUs dan terminal kendaraan dengan kapasitas total 600 ribu CBUs.

Baca juga  Dinyatakan Haram oleh Muhammadiyah, Vape Masih Laku ?

Adapun Fuad sebelumnya diberhentikan sebagai Direktur Keuangan Garuda Indonesia pada 20 November 2020. Komisaris Utama Garuda Indonesia Triawan Munaf mengemukakan, keputusan itu merupakan permintaan dari pemegang saham.

“Permintaan dari pemegang saham Seri-A Dwiwarna diwakili oleh Menteri BUMN,” ujar Triawan.

Pencopotan Rizal diputuskan dalam rapat umum pemegang saham luar biasa (RUPSLB).  Fuad digantikan oleh Corporate Advisor Garuda, Prasetio.

Baca juga  Token Listrik Gratis 2021, Simak Cara Untuk Mendapatkan Hari Ini Juga
Baca juga  Pelabuhan Patimban, Subang Didorong Jadi Zona Industri Otomotif

Sumber : Tempo.co

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini