Menhub: Proyek 13 Kota Baru Bisa Dukung SDM Pelabuhan Patimban

SUBANG,Lampusatu.com – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendukung rencana Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang melakukan pembangunan 13 kota baru untuk menunjang peran dari Pelabuhan Patimban.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengapresasi pembangunan 13 kota baru di kawasan Cirebon, Patimban dan Majalengka (Rebana) Metropolitan serta rencana pembangunan sekolah Politeknik Kemaritiman atau Maritime School yang berlokasi berdekatan dengan kolam utama dari Pelabuhan Patimban.

“Pengembangan Pelabuhan Patimban tentunya membutuhkan SDM yang kompeten dan siap bersaing secara global. Adanya sekolah ini diharapkan meningkatkan kemampuan SDM, khususnya di sekitar kawasan, guna mendukung kebutuhan Pelabuhan Patimban,” kata Menhub Budi dalam siaran pers yang dikutip, Sabtu (28/11/2020).

Baca juga  Safari Ramadhan, DAHANA Berikan Bantuan Bahan Pokok ke 200 Orang Lansia

Untuk turut mendukung kebutuhan SDM pelayaran, Kemenhub melalui BPSDM Perhubungan memiliki 12 sekolah maritim yang tersebar di Indonesia dan mampu memproduksi sekitar 3000 perwira jurusan pelaut dan perwira jurusan kepelabuhanan setiap tahun.

Baca juga  PJT II Salurkan Bantuan ke Korban Tsunami di Banten

Sementara, Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) berharap rencana pembangunan kota metropolitan di wilayah sekitar jangan sampai mengganggu aktivitas logistik dari dan ke Pelabuhan Patimban.

Baca juga  Cek Kesiapan Soft Opening Pelabuhan Patimban, Menhub : Minggu Ketiga Insyallah Presiden Hadir

Ketua Umum DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI) Yukki N. Hanafi mengatakan Pelabuhan Patimban secara hinterland bukan hanya melayani Jawa Barat, tetapi sebagian Jawa Tengah dengan hadirnya industrial estate yang baru saja ditetapkan oleh pemerintah di daerah Batang.

“Oleh sebab itu, penetapan lokasinya [penlok] sebagai wilayah metropolitas menjadi sangat penting, jangan seperti di Priok, kita agak repot kini untuk membenahinya,” kata Yukki.

Baca juga  THR Direksi dan Komisaris PT DAHANA Disumbangkan untuk Bantuan Sembako ke Warga Cibogo
Baca juga  Jelang New Normal, Jasa Marga Siapkan Bayar Tol Tanpa Berhenti

Menurutnya, apabila sudah ada akses tol langsungnya dari dan ke Patimban maka jarak tempuhnya lebih singkat. Efisiensi bukan hanya dari sisi logistik itu sendiri, tetapi juga terhadap penggunaan bahan bakar minyak solar angkutan/truk logistiknya.

Sumber : Bisnis.com

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini