Pelabuhan Patimban bakal Punya Kota Mandiri, Dihuni 1 Juta Orang

27

SUBANG,Lampusatu.com – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan pemerintah berencana membuka kota baru di sekitar Pelabuhan Patimban. Kota ini disebut akan bisa diisi oleh 1 juta orang.

Nantinya kota baru ini akan berada di bawah kawasan industri Rebana besutan Pemprov Jawa Barat. Budi Karya menyatakan penduduk di kota ini akan diusahakan untuk bisa bekerja di pelabuhan.

“Di sana akan ada kota baru di bawah kawasan Rebana, penghuninya 1 juta orang. Dia unik tumbuh karena ada kegiatan pelabuhan dan kami akan memastikan kota itu dapat pekerjaan di pelabuhan,” ujar Budi Karya dalam acara simulasi table top exercise Patimban di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (30/11/2020).

Budi Karya mengatakan nantinya akan ada 200 ribu tenaga kerja yang bisa diserap Pelabuhan Patimban. “Di sana paling tidak akan menyerap 200 ribu tenaga kerja, baik yang langsung dan tidak langsung di pelabuhan,” ujarnya.

Baca juga  Dukung Tenaga Medis di Subang Perang Melawan Covid-19, Dahana Kembali Salurkan Bantuan APD

Dia juga mengungkapkan pemerintah akan membuat sebuah sekolah khusus teknik kelautan dan pelabuhan di kota baru Patimban.

“Kita juga mau bangun sekolah di sana agar di Subang dan Jabar, tenaga kerjanya jadi orang yang cakap di dunia laut dan dunia pelabuhan,” ujar Budi Karya.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudah pernah memaparkan konsep kota baru di sekitar Patimban yang disebutkan Budi Karya.

Pria yang kerap disapa RK ini mengatakan dirinya ingin membenahi kawasan sekitar pelabuhan menjadi sebuah kota baru, sehingga Patimban bukan cuma pelabuhan namun juga bisa jadi kawasan ekonomi dan tempat tinggal yang nyaman.

Baca juga  Pekan CSR Dahana 2019,Gelar Pengobatan Gratis untuk 1.000 Warga

“Kami mau melihat Patimban ini jangan cuma pelabuhan saja, oke pelabuhan itu primadonanya. Tapi kami usulkan Patimban didesain sebagai kota,” ungkap RK dalam acara Dialog Publik Pelabuhan Patimban bersama Kemenhub, Senin (16/11/2020).

RK menjabarkan rencananya tersebut, dia mengatakan kawasan kota baru Patimban direncanakan menjadi sangat futuristik. Dia mengestimasikan kota itu ditinggali oleh 1 juta jiwa dan diharapkan menjadi kota percontohan.

“Pemerintah provinsi Jawa Barat memvisikan kawasan futuristik yang ditinggali 1 juta penduduk ada kerah putih, kerah biru, dan seterusnya. Ini diharapkan jadi kota percontohan,” papar RK.

Dia mengatakan sederet fasilitas publik akan dipersiapkan di sana mulai dari alun-alun hingga tempat pertunjukan macam Sydney Opera House.

“Ada alun-alun konsepnya central park, jalan kayak Sudirman-Thamrin-nya, ada golf, rekreasinya, tempat macam Sydney Opera House. Tapi tetap, jantungnya kota ini di pelabuhan,” kata RK.

Baca juga  Dorong Pengembangan UMKM, BRI Kucurkan KUR Rp.67,6 Triliun

Bahkan, untuk mendukung Patimban sebagai kota baru berbasis kemaritiman, RK menyebut pihaknya sudah menyiapkan kerja sama dengan lembaga pendidikan dari Inggris untuk membuat Politeknik Maritim di Patimban.

“Termasuk kami juga mau siapkan Politeknik Maritim ini dari inggris, sudah siap. Saya tinggal tunjuk lokasinya aja, tahun depan kita bangun politekniknya supaya masyarakat di sana bisa jadi tenaga kerja yang maksimal dan berkelas,” ungkap RK.

Kota baru Patimban sendiri merupakan salah satu kota yang dibesut dalam rencana membentuk kawasan metropolitan Rebana. RK menyebut ada 13 kota industri lainnya dalam pembentukan kawasan metropolitan Rebana.

Sumber : detik.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini