Pertamina Bakal Hapus Premium dan Pertalite, Apa Alasannya?

Lampusatu.com – Beberapa waktu belakangan ini, diketahui bahwa Pertamina akan segera menghapus bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium dan juga Pertalite. Lantas, hal ini pun membuat berbagai kalangan pihak, termasuk masyarakat yang ada di Indonesia, menjadi resah.

Hingga sekarang, Pertalite dan juga Premium merupakan salah satu jenis BBM yang masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Kedua jenis BBM ini tentunya dipilih karena harganya yang murah dan cocok untuk kendaraan dengan kompresi yang rendah.

Baca juga  Ini Penjelasan Pertamina Naikan Harga Pertalite RP.200 Per Liter

Terkait wacana penghapusan Premium dan Pertalite ini, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati pun angkat bicara.

Dilansir Jakselnews.com dari artikel Pikiran-Rakyat.com berjudul Premium dan Pertalite akan Segera Dihapus, Simak Penjelasan Bos Pertamina, Nicke menyatakan bahwa saat ini, hanya ada 7 negara di seluruh dunia yang masih menggunakan bensin dengan angka research octane number (RON) di bawah 90, salah satunya termasuk Indonesia.

Baca juga  Soal Lelang Operator Patimban, SMDR: Persaingan Baru Dimulai

Selain Indonesia, ada Bangladesh, Uzbekistan, Mongolia, Ukraina, Mesir, dan Kolombia. Ini artinya Indonesia tertinggal dari negara-negara Asia Tenggara lainnya yang sudah tidak menggunakan BBM dengan RON rendah.

“Itu alasan yang paling kuat kenapa kami perlu review kembali varian BBM kita karena itu benchmark-nya,” kata Nicke.

“Maka kami dorong agar konsumen yang mampu beralih ke RON 92, kita sekarang memiliki Program Langit Biru,” ungkap Nicke pula dalam rapatnya bersama Komisi VII DPR, Senin 31 Agustus 2020.

Baca juga  Duh! Pelabuhan Patimban Terancam Sepi Pengguna, Ini Alasannya

Perlu diketahui bahwa bensin premium dan pertalite yang ada di Indonesia saat ini masih dalam kategori RON di bawah rata-rata.Premium memiliki angka RON 88 semenetara Pertalite memiliki angka RON 90.

Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, dan Vietnam pun bisa dikatakan telah jauh meninggalkan Indonesia. Lima negara di Asia Tenggara ini sudah menggunakan BBM dengan angka RON diatas 90 yaitu RON 91.

Sumber : Pikiranrakyat.com

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini