Wow ! Gedung ‘Teletubbies’ DAHANA, Unik & Ramah Lingkungan

37

SUBANG,Lampusatu.com – PT DAHANA (Persero) adalah perusahaan plat merah penghasil bahan peledak di Indonesia. Sebagai perusahaan pengolahan bahan berenergi tinggi, manajemen PT DAHANA (Persero) mengaplikasikan konsep green building pada Kantor Manajemen Pusat atau yang biasa disebut dengan Kampus DAHANA untuk menghilangkan kesan seram di mata masyarakat.

Dengan mengusung konsep green building, Kampus DAHANA didesain dengan bentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan lingkungan perkantoran yang hijau, asri, hemat energi, ramah lingkungan serta jauh dari kesan menyeramkan.

Bangunan kantor terdiri dari lima gedung yang simetris dengan beratapkan rumput. Di Bagian tengah dibangun gedung yang berfungsi sebagai audiotorium dan musholla yang dirancang dengan besi berbentuk jaring disekelilingnya yang berfungsi sebagai anti gempa.

Baca juga  Ini Penjelasan Pertamina Naikan Harga Pertalite RP.200 Per Liter

Kesan gedung hemat energi langsung terasa ketika menginjakkan kaki di lobby utama Kampus Dahana. Sistem penerangan Gedung memaksimalkan cahaya matahari yang langsung masuk dari kaca yang didesain lebar. Bahkan, di saat malam pun, lampu ruangan di desain dengan sensor suhu tubuh sehingga dapat menyala di area terbatas.

Sementara itu, halaman perkantoran terdiri dari lahan parkir dan taman yang dihiasi dengan berbagai jenis tanaman hias berwarna warni dan rumput hijau sehingga menambah kesan bangunan yang asri dan ramah lingkungan.

Baca juga  UKM Asal Ciater Kembali Ekspor Arang 40 Ton ke Timur Tengah

“Jika dilihat dari kejauhan, perkantoran DAHANA ini sekilas mirip dengan bukit Teletubbies tempat bermainnya tokoh-tokoh Teletubbies dalam serial televisi bagi anak-anak. Maka tak heran kalau banyak yang menyebut bangunan iconic ini dengan nama Gedung Teletubbies,” ungkap Juli Jajuli, Manajer humas dan Kelembagaan DAHANA sambil tertawa (15/02).

Berkat desain bangunannya yang unik, ramah lingkungan, dan hemat energi, Kampus DAHANA diganjar penghargaan dari berbagai pihak. Penghargaan tersebut diantaranya Juara 1 kategori Bangunan Gedung Hemat Energi Gedung BUMN dalam penghargaan Efesiensi Energi Nasional 2012, Juara ke-3 Gedung Hemat Energi kategori Gedung Baru dalam Asean Energy Award 2013, Penghargaan Institutional Architecture Energetic Material Center dalam FutureArc Green Leadership 2013.

Baca juga  Nilai Investasi Rp.1,1 Triliyun, Tahun Ini Pabrik Amonium Nitrat Akan Segera Dibangun

Kampus DAHANA sendiri berada dikawasan Energetic Material Center DAHANA yang beralamat di Jl. Raya Subang – Cikamurang Km 12, Cibogo Subang, Jawa Barat. (Rls).

 

Galih Andika

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini