Connect with us

Event

Festival Reggae Terbesar se-Asia Bakal Digelar di Lanud Suryadarma, Catat Tanggalnya !

Published

on

Foto : Istimewa.

SUBANG,Lampusatu.com – Dalam waktu dekat ini Lanud Suryadarma didaulat menjadi tuan rumah “Festival Reggae Star Festival 2020” yang akan berlangsung pada tanggal 29 Februari 2020 mendatang.

Festival reggae yang digadang-gadang terbesar se – Asia Tenggara tersebut mengusung tema “Peduli Lingkungan” yakni mengajak warga Jawa Barat khususnya Subang lebih mencintai lingkungan.

Menurut salah satu panitia Jabar Reggae Star Festival 2020, Agung Ngurah, bahwa acara festival reggae diawali sejak tahun
2015 di Bali. Saat ini mulai menyebar ke berbagai provinsi, termasuk Jawa Barat di Kabupaten Subang tahun ini.

Sederhananya kata Agung, ia ingin mengajak masyarakat Indonesia untuk terus bergerak berbuat hal-hal positif, salah satunya peduli terhadap lingkungan.

“Untuk itu saya mohon ke Pa Danlanud dan Pemkab Subang untuk membina terutama komunitas-komunitas reggae khususnya yang ada di Subang untuk terus bergerak ke melakuka hal positif dan bermanfaat,”ujar Agung dalam Konferensi Persnya di Mako Lanud Suryadarma Kalijati Subang, Rabu (26/2/2020).

Baca juga  Dandim Subang dan Ribuan Goweser Ikuti Fun Bike Cluster Rosela di Perkebunan Teh Ciater

Artinya, lanjut dia, event tersebut bukan hanya sekedar event musik biasa, tapi juga mengedepankan edukasi dan  isu terkini yang berkembang di tengah masyarakat.

“Jadi soal tema yang diusung didorong ke isu lingkungannya masing-masing daerah. Menstimulan Milenial yang tadinya diam jadi bergerak,”jelasnya.

Ditambahkan Panitia lainnya, Arya Putro mengungkapkan alasan memilih Lanud Suryadrama sebagai lokasi event reggae tersebut.

“Awalnya kita konsultasi ke Pa Wabup Subang dan diarahkan ke Alun-alun Subang.Tapi kita melihat disana ada taman, takut nanti penonton membludak akhirnya merusak. Sementara Lanud Suryadarma selain tempatnya luas dan tingkat keamanan terjamin juga sejalan dengan program Lanud Suryadarma yaitu go green,”ungkapnya.

Baca juga  Dilepas Plt Bupati, Goweser Jelajahi Perkebunan Tebu di Purwadadi

Danlanud Suryadarma, Marsma TNI I Wayan Sulaba, mengaku sangat mengapresiasi atas semangat anak-anak muda untuk melaksanakan acara event tersebut.

Sebab, format kegiatan tersebut merupakan  salah satu upaya dan mengajak masyarakat untuk peduli kelestarian lingkungan berbasis event.

Sehingga program tersebut sejalan dengan program Lanud Suryadarma sejak 2019 terkait pencangangan Go Green yang dinamakan “Lanud Suryadarma Go Green”.

“Jadi kami tentunya sangat mendukung terselenggaranya acara tersebut. Mari kita sukseskan bersama-sama,”ajaknya.

Dalam program Lanud Suryadarma tersebut kata Danlanud, pihaknya telah merealisasikan sejumlah program.

“Program itu terdiri dari penghijauan penanaman pohon 1000 pohon, penggunaan tumbler, penggunaan tas ramah lingkungan, dan car free day, bike to work, blue basket, dan red basket,”ujarnya.

Baca juga  Seni Gotong Sisingaan Meriahkan Event Brotherhood Camp VII

Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi yang hadir pada kesempatan itu juga mengapresiasi rencana pelaksanaan event tersebut. Apalagi tema yang diusung sesuai dengan isu yang terjadi di Subang kali ini menyoal peduli lingkungan.

“Isu lingkungan memang sangat krusial, urusan sampah hingga tempat pembuangan sampah (TPA) menjadi konsen pemerintah sampai hari ini,”ujar Agus.

Ia menyebut, event reagge  terbesar se Asia Tenggara ini menjadi momentum bagi Pemkab Subang melalui Disparpora Subang mempromosikan Subang, baik dari sisi promosi destinasi wisata juga produk UMKM Subang, semisal Subang punya produk kopi asli Subang.

“Untuk itu saya mengajak warga masyarakat Subang untuk menghadiri event ini. Terutama bagi para pelaku UMKM ke panitia saya minta siapkan tempatnya untuk tempat promosi,”pungkasnya.

Galih Andika