Connect with us

Headline

Launching UMKM Jawara Niaga, Ruhimat Belajar Membatik Bareng Pengrajin Subang

Published

on

Foto : Bupati Subang, H.Ruhimat dan Wakilnya, Agus Masykur saat belajar membatik bersama para pengrajin Subang disela launching UMKM jawara niaga di Lembah Gunung Kujang Jalan Raya Gunung Tua, Cijambe,Subang.

SUBANG,Lampusatu.com – Bupati Subang H.Ruhimat didampingi wakilnya Agus Masykur Rosyadi
menyempatkan diri belajar membatik menggunakan canting dan menggoreskan malam berbahan dasar serat buah nanas diatas kain disela-sela usai launching UMKM Jawara Niaga di Lembah Gunung Kujang Jalan Raya Gunung Tua, Cijambe, Subang, Rabu (27/2/19).

Sebelum mencoba membatik, Ruhimat dan Agus dengan saksama terlebih dulu memperhatikan para pengerajin yang sedang membatik.

Tak lama, Ruhimat dan Agus pun lantas mengambil sebuah canting. Ia bersiap menggoreskan malam.

Sebelumnya, Bupati Subang, H.Ruhimat didampingi Wakilnya, Agus Masykur sendiri berjanji akan memperkuat program Subang Jawara Niaga, yang mengurus perekonomian menuju masyarakat sejahtera.

Sebab di dalamnya  ada semibilan pokja atau bidang, beberapa hal yang masuk dalam Jawara Niaga.

Baca juga  Warga Desa Pasirmunjul Digegerkan Penemuan Mayat di Sebuah Gubuk Persawahan

“Salah satu cara untuk menyukseskan program Jawara Niaga, mampu menumbuhkembangkan UMKM  dengan baik dan menjalankan usaha sesuai potensi yang ada. Saya akan berusaha mendorong tumbuh kembang terutama pemasaran,” ujarnya.

Saat dirinya melihat dan mengunjungi serta mencicipi berbagai hasil produk unggulan dari peserta UMKM tampak sangat menikmatinya.

Malahan disebutkan, kalau  yang dipamerkan oleh Dinas KUPP tidak semuanya tetapi sudah bisa membanggakan, termasuk adanya beberapa produk Batik Khas Subang ditambah adanya kain yang diproduk dari serat daun nanas.

“Untuk membantu pemasaran yang mereka hasilkan, kita akan meminta atau bekerjasama dengan PTPN VIII untuk membuat areal  sentra produk unggulan UMKM dan Koperasi. Jadi potensinya cukup besar dan banyak, apalagi dilihat dari kemasan dan rasanya sudah lebih baik tidak kalah dengan hasil olahan berskala besar, “terangnya.

Baca juga  Pemcam Purwadadi Minta Warganya Pro Aktif Manfaatkan Sensus Penduduk Secara Online

Kemudian dilanjutkan Ruhimat, Ada 3 peran UMKM yang sangat penting dalam kehidupan dimasyarakat kecil.

“Yang pertama sebagai sarana mengentaskan masyarakat kecil dari jurang kemiskinan alasan utama tingginya penyerapan tenaga ketja oleh UMKM yang kedua pemerataan ekonomi masyarakat, ketiga memberikan pemasukan bagi negara dalam bentuk devisa, “bebernya.

Secara terpisah, Kepala Dinas Koperasi,Usaha Mikro dan  Kecil Menengah, Perdagangan, Perindustrian (KUPP) Subang, H.Rahmat Faturrahman didampingi Kabid.UMKM, Hj. Yeni Nuraeni usai mengikuti Launching Jawara Niaga mengatakan, launching  Jawara Niaga sebagai upaya mendukung program 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Subang sekaligus memberikan motivasi terhadap para pengusaha mikro dan kecil untuk terus berusaha dan membuat hasil karyanya.

Baca juga  Cek Kesiapan Personel, Polres Subang Apel Gelar Pasukan Operasi Keselamatan Lodaya 2019

“Bahkan kita juga undang pihak perbankan dan fasilitasi untuk permodalannya, selain ada diantara mereka yang diberi bantuan baik melalui CSR dan APBD seperti pelatihan, bantuan peralatan, termasuk pemberian sertifikat halal bagi 40 UMKM ditambah sertifikat hak atas tanah sebanyak 400 bidang, “kata H.Rahmat

Rahmat menyebutkan, kalau pada tahun ini lebih banyak perhatian kepada UMKM Batik, dikarenakan untuk mempersiapkan perkembangan perindustrian yang masuk ke Kabupaten Subang. Apalagi kini sedang dibangun pelabuhan bertarap Internasional di Patimban Pusakanagara.

“Kita juga harus mempersiapkan diri sebagaimana kebijakan Gubernur Jawa Barat kalau Subang, Majalengka dan Cirebon menjadi pusat perdagang dan industry strategis dengan adanya bandara BIJB, “pungkasnya.

 

 

Red : Galih Andika