Connect with us

Headline

Asiknya Liburan di Sumber Mata Air Cimutan Cisaat Subang

Published

on

SUBANG, Lampusatu.com, – Menjelajah kesuatu tempat yang memiliki pesona alam yang unik dan menakjubkan tentunya memberikan kesan dan pengalaman  yang sangat berharga.

Hal tersebut salah satunya bisa anda rasakan di tempat wisata baru bernama sumber mata air Cimutan, 
di Kampung terpencil , Kampung Cikanyere,  Desa Cisaat,  Kecamatan Ciater, Subang Jawa Barat. 

Ditempat ini,  anda akan merasakan sensasi bermain air yang berbeda.
Kondisi alam yang masih natural, dan hijaunya hamparan daun teh menyambut kita menuju kelokasi, diperbatasan Desa Cisaat Kecamatan Ciater dengan Desa Curugrendeng Kecamatan Jalancagak.

Dengan luas tanah 1,5 Hektar, bekas kolam budidaya ikan koi ini mempunyai keindahan yang khas,  lingkungan alam yang sejuk, alami dengan air yang jernih bahkan para pengunjungnya jika mau bisa meminumnya langsung.

Meskipun baru dibuka sejak bulan maret lalu,  terhitung tiga bulan menurut pengelola sumber mata air cimutan Agus,  mengungkapkan,  tingkat pengunjung yang datang sudah mulai cukup banyak.

Baca juga  Diterjang Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah di Kecamatan Sukatani Alami Kerusakan

Padahal, pihaknya belum melakukan promosi melalui media apapun.  Hanya bermodalkan mulut ke mulut.

Tetapi dilihat dari para pengunjung yang datang kata dia,  mereka cukuplah puas datang kesini. Namun,  tetap ia juga berusaha ingin memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pengunjung.

“Ya mulai terhitung ramai kunjungan satu bulan ini. Dengan fasilitas ala kadarnya,  kami berupaya terus melakukan perbaikan dan penambahan sarana prasarana. Wisata murah meriah terjangkau oleh masyarakat,  tetapi tidak melupakan keamanan dan pelayanan kepada para pengunjung,” kata Agus saat ditemui redaksi lampusatu.com Jumat (26/5).

Untuk penjualan tiket kata Agus telah dibagi dua segmen, untuk dewasa Rp. 5 Ribu dan anak-anak Rp. 3 Ribu. Dengan harga merakyat,  semua pengunjung bisa menikmati semua wahana bermain air yang ada di sumber air cimutan tersebut.

“Untuk fasilitas kolam yang dibuat berundak, dengan ukuran dan kedalaman yang berbeda-beda.  ada 6 Kolam,  3 Kolam untuk dewasa dan 3 kolam untuk anak-anak, ” kata Agus.

Baca juga  Sedang Berlatih, Atlet Sepeda "Asian Games" Alami Kecelakaan di Tanjakan Emen

Agus menjelaskan, sebelumnya kolam bermain tersebut merupakan tempat usaha budidaya ikan koi. Namun karena selama beberapa tahun terakhir ini pihak owner di rugikan,  karena banyak pencuri ikan yang berkeliaran hingga hasil panen tidak sesuai harapan maka terpaksa dihentikan.

Setelah itu,  sempat terhenti tidak ada aktivitas apapun ditempat ini karena owner pemilik tanah H Rasidi meninggal dunia tahun 2016 lalu.

Baru kemudian, baru ada ide untuk dijadikan tempat wisata mengingat ada keunikan sumber mata air yang begitu jernih.

“Namun sejauh ini belum ada instruksi secara penuh dari pihak owner untuk mengembangkannya. Rencananya pulang umrah beliau,  kita juga mau menyiapkan menjelang liburan panjang selama idul fitri (Lebaran) ,”Jelasnya.

Bagi anda,  yang senang berselfie dan berfoto,  tempat wisata ini banyak view menarik tak kalah indahnya dengan destinasi wisata alam yang lainnya. Yang kita ketahui juga ada sumber mata air cimincul di Desa Pasanggrahan,  Kecamatan Kasomalang,  Subang.

Baca juga  Jabatan Ketua BAZNAS Subang Kosong, Saat Ini Pansel Buka Pendaftaran

Sebelumnya sumber air Cimutan ini pernah mau dibeli oleh perusahaan Aqua, akan tetapi dari pemilik Alm H.Rasidi  beserta masyarakat setempat dipertahankan (Ditolak) karena dikhawatirkan akan ada eksploitasi besar-besaran.

Adapun fasilitas yang telah tersedia,  lahan parkiran yang cukup luas, mushola,  dua gazebo,  tempat lesehan, dan satu kantin. Waktu operasionalnya dibuka sementara dari,  hari Selasa-Minggu dari jam 08.00 – 17.00  WIB. 

Terlepas dari itu,  Desa Cisaat merupakan Desa Wisata unggulan Kabupaten Subang di Jawa Barat dibawah Pemerintah Kabupaten Subang dalam ini binaan Dinas Pariwisata,  Pemuda,  dan Olahraga (Disparpora)  Kabupaten Subang. Desa Cisaat sendiri sudah populer dengan makanan khasnya yakni,  papais cisaat,  dan kampung batik. (Galih Andika)  ****

Ket. Gambar : Suasana dilokasi wisata sumber mata air kampung Cikanyere,  Desa Cisaat,  Kecamatan Ciater,  Subang Jawa Barat.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *