Atasi Kelangkaan Oksigen di Rumah Sakit, dr Maxi : Generator Oksigen Bisa Menjadi Salah Satu Solusi !

39

SUBANG,Lampusatu.com – Kebutuhan akan oksigen di beberapa rumah sakit di Subang di masa pandemi COVID-19 semakin meningkat.

Untuk mengatasi kelangkaan terhadap oksigen tersebut, pemerintah terus berupaya mencari solusi. Sehingga pasien COVID-19 yang membutuhkan oksigen bisa tertangani dengan baik, tanpa harus menunggu.

Ternyata ada sebuah alat yang bisa menjadi solusi dari permasalahan kelangkaan oksigen yang saat ini terjadi di kabupaten Subang. Alat itu adalah Oxygen Generator Plant (OGP) atau generator oksigen.

Baca juga  Cegah DBD, Kades Tangulun Barat Pimpin Langsung Bebersih Lingkungan di Kampung Ciwedung

“Saat ini oksigen menjadi kebutuhan vital di rumah sakit. Oleh karena itu generator oksigen bisa menjadi salah satu satu solusi,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Subang, dr. Maxi, Sabtu (10/7/2021).

Untuk menghadapi lonjakan pasien COVID-19 yang terus melonjak ini, saat ini Pemda Subang terus melakukan upaya. Semuanya telah dikerahkan, demi terjaminnya kesehatan bagi masyarakat.

dr. Maxi sendiri sudah mengunjungi salah satu distributor generator oksigen, dan sudah menyaksikan sendiri kekurangan dan kelebihan alat canggih yang bisa memproduksi oksigen sendiri tersebut.

Baca juga  Bupati Subang Apresiasi Tenaga Medis dan Relawan Tangkal Virus Corona

“Mesin penghasil oksigen ini cocok untuk daerah yang jauh dari supplier gas oksigen. Dengan sistem automatic dapat menghemat biaya operasional rumah sakit tentunya,” katanya.

Artinya jika gas oksigen tidak di gunakan mesin akan standby atau off, namun jika di gunakan mesin akan on secara otomatis. “Selain itu kita juga bisa membelinya, atau melakukan sewa. Tergantung kondisi keuangan daerah,” katanya.

Baca juga  Adik Gusdur, Gus Sholah Meninggal Dunia
Istimewa

Menurut dr. Maxi, alat tersebut bisa memproduksi oksigen secara mandiri secara cepat. Khusunya untuk pasien COVID-19. Alat itu bisa mendistribusikan oksigen secara langsung ke ruangan di rumah sakit.

“Sangat menghemat biaya jika dibanding isi ulang oksigen secara berulang, selain itu mudah digunakan,” katanya.

Sejumlah rumah sakit di Indonesia saat ini sudah mulai menggunakan alat generator oksigen tersebut. “Iya, sudah banyak rumah sakit menggunakan alat itu,” katanya. (Adv).

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini