Connect with us

Headline

Awal Tahun 2018, 1.000 Karyawan PT.PG Rajawali Purwadadi Dirumahkan

Published

on

SUBANG,Lampusatu.com,- Memasuki awal tahun 2018 sekitar 1.000 karyawan lebih Pabrik Gula (PG) yang berada di Jalan Pasirbungur, Kecamatan Purwadadi,  Subang,  dibawah PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero/RNI) dirumahkan.

Mereka hilang pekerjaan setelah perusahaan dimana mereka bekerja resmi di tutup awal tahun 2018 ini. Dengan alasan  terkait perintah Kementerian BUMN tentang tata kelola PG mengenai efesiensi anggaran. Karena mengalami kerugian setiap tahunnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, penolakan para karyawan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terus dilakukan dengan mendatangi pabrik tersebut, terutama dalam langkah mediasi menuntut sejumlah hak berupa, tunjangan,  pencairan dana JHT dari BPJS TK,  dan lainnya.

Menurut salah satu eks karyawan PG. Pabrik gula Purwadadi Ofik yang bekerja sebagai karyawan musiman mengaku,  sangat menyayangkan perusahaan dimana dia bekerja harus ditutup tanpa alasan yang jelas.  Hampir seribu lebih karyawan, mulai dari karyawan tetap,  harian lepas,  dan musiman harus kehilangan pekerjaannya.

“Saya juga bingung,  belum tau apa alasannya Pabrik gula purwadadi ini di tutup. Dampaknya sangat jelas,  seribu karyawan lebih saat ini tidak punya pekerjaan,”kata Ofik yang akrab di sapa Fiki kepada redaksi Lampusatu.com Rabu (3/1).

Padahal dijelaskan fiki,  musim giling itu biasanya mulai dilaksanakan pada awal tahun, kira-kira bulan Mei 2018 mendatang.

“Kami berharap persoalan ini,  dengan ditutupnya PG.Rajawali memperhatikan juga hak-hak karyawan yang ada,”harapnya.

Saat dikonfirmasi Camat Purwadadi Asep Sopandi membenarkan hal tersebut, bahwa ada PHK besar-besaran yang dilakukan oleh pabrik PG Rajawali Purwadadi.

“Ya betul saat ini ada PHK semua karyawan PG Rajawali Purwadadi karena bakal ditutup. Rencananya untuk menangani persoalan ini sebagai perwakilan dari Pemkab Subang yaitu Disnakertrans Subang, “ungkapnya.

Sebelumnya,  PT.RNI telah menutup
PG Candi di Jawa Timur serta PG Sindang Laut di Cirebon, Jawa Barat. Kapasitas masing-masing PG tersebut adalah 3.000 dan 1.800 ton per hari (TCD). (Galih Andika/R1/16)***

Ket.Gambar : Dokumentasi Pabrik Gula (PG)  yang berada di Jalan Pasirbungur, Kecamatan Purwadadi,  Subang,  dibawah PT. Rajawali Nusantara Indonesia (Persero/RNI).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Hot News

Terbaru