Connect with us

Headline

Bagikan Ribuan Sertifikat Tanah di Subang, Sofyan Djalil : Jadikan Agunan untuk Modal Kesejahteraan Keluarga 

Published

on

Foto : Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil membagikan 2.180  sertifikat tanah Redistribusi Tanah Obyek Landreform kepada warga Subang bertempat di Lapangan Kantor Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Selasa (14/1/2020) pagi.

SUBANG,Lampusatu.com – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/ Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Sofyan A. Djalil membagikan 2.180  sertifikat tanah Redistribusi Tanah Obyek Landreform kepada warga Subang bertempat di Lapangan Kantor Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Selasa (14/1/2020) pagi.

Pembagian sertifikat pengelolaan tanah negara tersebut diberikan kepada 500 warga Kecamatan Pusakanagara, 900 warga Kecamatan Pusakajaya, 270 Warga Compreng dan 500 warga Kecamatan Dawuan Kabupaten Subang.

Sofyan Djalil menyebut pemberian sertifikat tanah tersebut merupakan program yang sedang gencar dilakukan oleh Pemerintah yang ditargetkan selesai pada tahun 2025.

Baca juga  Dandim 0605 Subang Pastikan Ketersediaan Air Bagi Para Petani Untuk Mengairi Sawahnya

“Pak Presiden memerintahkan untuk mempercepat program sertipikat nasional. Karena di Subang masih banyak Tanah Negara yang perlu ditertibkan,”ujar Sofyan Djalil kepada wartawan usai menyerahkan secara simbolis sertifikat tanah ke 10 orang perwakilan penerima sertifikat.

Sofyan juga berpesan kepada warga para penerima sertifikat tidak boleh dijual tanahnya. Namun, jadikan agunan untuk modal demi kesejahteraan keluarga.

“Untuk modal silahkan itupun harus pinter pinter menghitung artinya jika pinjem sesuaikan dengan kebutuhan. Dengan adanya sertipikat warga Subang bisa pinjam ke bank yang lebih murah, tidak lagi pinjam ke bank yang tidak resmi seperti contoh rentenir dan yang sejenisnya,”ungkapnya.

Baca juga  Ki Hajar Dewantara Jurnalis Muda Yang Berjuang Membela Rakyatnya di Bidang Pendidikan

“Insya Allah berkat doa kita bersama kita bisa mempercepat bantuan dari pemerintah agar masyarakat dapat bantuan. Sehingga Kabupaten Subang ini akan cepat tumbuh sebagai daerah berkembang karena ada pelabuhan sehingga akan berpengaruh kepada roda ekonomi dan harga jual tanah akan semakin mahal,”pesannya.

Sementara Bupati Subang, H.Ruhimat yang turut mendampingi penyerahan sertifikat tanah merupakan hal yang sangat penting sesuai dgn UUD.

“Alhamdulillah dalam penyerahan sertifikat ini merupakan wujud nyata dari kepedulian Pemerintah,”ujar Ruhimat.

Baca juga  Pemkab Karawang - Pupuk Kujang Segera Launching Ekowisata di Kawasan Pabrik

Untuk itu, Ruhimat menghimbau untuk mempergunakan sertifikat tersebut dengan sebaik baiknya sebagai contoh untuk permodalan untuk kesejahteraan keluarga.

“Mari kita jadikan perberian sertifikat ini untuk membuat Subang lebih maju umumnya, khususnya bagi Masyarakat Penerima Program,”ajaknya.

” Besar harapan kami program repormasi pertanahan ini terus berlanjut agar registrasi tanah yang ada di Kabupaten Subang lebih tertib lagi,”pungkasnya.

Hadir pada kesempatan ini Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat, Bapak Yusuf Purnama, perwakilan Pemprov Jabar, BPN Subang, Forkopimda Subang, dan tamu undangan lainnya.

Galih Andika

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *