Connect with us

Headline

Baru Dinormalisasi oleh PJT II, Situ Saeur Sukamelang Dipenuhi Lagi Eceng Gondok

Published

on

Foto : Memasuki musim penghujan, pemandangan tak sedap kembali terlihat di Situ Saeur Sukamelang yang dipenuhi tanaman aceng gondok.

SUBANG,Lampusatu.com,- Memasuki musim penghujan, pemandangan tak sedap kembali terlihat di Situ Saeur Sukamelang yang dipenuhi tanaman eceng gondok.

Padahal bulan Juli 2018 lalu, situ yang digadang- gadang akan dijadikan objek wisata oleh Pemkab Subang ini baru saja dinormalisasi oleh Perum Jasa Tirta II Subang dalam rangka melaksanakan konservasi Sumber Daya Air.

“Sangat disayangkan situ saeur yang baru dinormalisasi beberapa bulan lalu ini terlihat seperti tak terurus lagi. Padahal anggaran yang digunakan sangatlah besar,”ungkap Dally Kardilan selaku Ketua Forum RT/RW Kelurahan Sukamelang Kecamatan Subang, kepada Lampusatu.com, Kamis (6/12/2018).

Baca juga  Hadiri LK II HMI, Plt Bupati Subang : Organisasi Sangat Penting bagi Mahasiswa

Ia menyarankan kepada pihak PJT II untuk menyiapkan petugas pengawasan guna pemeliharaan situ saeur.

“Kalau ada petugas yang khusus, dia bisa antisipasi pertumbuham eceng gondok. Jadi tidak ada lagi e. eceng gondok sebanyak ini, yang membuat situ saeur makin kumuh,”terangnya.

Sebelumnya pada saat acara normalisasi dari pihak General Manager Unit Usaha Wilayah Perum Jasa Tirta (GM UUW PJT) II Agus Suranto menyampaikan, bahwa program normalisasi itu merupakan program Sumber Daya Air.  diinformasikan juga bahwa Situ Saeur awalnya 9 ha, dengan kedalaman 5 m, saat ini tersisa 2,44 ha, dengan kedalaman kurang dari 1 m.

Baca juga  Kasat Narkoba Polres Purwakarta : 160 Orang Warga Kabupaten Purwakarta Jadi Agen Anti Narkoba

“Maksud dan tujuan pelaksanaan karya bhakti penataan Situ Saeur ini untuk mengembalikan Situ Saeur sebagai tampungan air untuk irigasi dan pengendali banjir, membersihkan sampah yang masuk/dibuang ke Situ Saeur dan penataan lingkungan agar dapat berfungsi sebagai taman kota/tempat wisata,” katanya.

Red : Galih Andika

Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *