Berkunjung ke Kawasan Bukit Jimat Siliwangi, Kang Emil Bahas Soal Ketahanan Pangan dan Multi Dimensi Pembangunan di Subang

SUBANG,Lampusatu.com – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil didampingi Ketua DPRD Jabar Taufik Hidayat berkunjung ke Kawasan Bukit Jimat Siliwangi di Desa Cinta Mekar, Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Sabtu (12/9/2020) siang.

Menuju lokasi, orang nomer satu di Jabar ini didampingi juga Bupati Subang, H.Ruhimat dan wakilnya Agus Masykur Rosyadi beserta para pimpinan OPD Subang.

Pada kesempatan itu, Kang Emil sapaan akrabnya menyatakan dukungan dan apresiasinya secara positif kepada Pemerintah Kabupaten Subang dibawah kepimpinan Jimat РAkur sebutan Bupati dan Wabup Subang saat ini atas  peningkatan kualitas perencanaan pembangunan daerah di Kabupaten Subang.Perencanaan pembangunan di Kabupaten Subang dinilai telah terkoordinasi, terintergrasi dengan baik.

Baca juga  Hut PIA Ardhya Garini ke-63, Lanud Suryadarma Berikan Kaki Palsu ke Sejumlah Penyandang Disabilitas

“Kami sangat mendukung multi dimensi pembangunan Subang, yang pertama adalah pembagian infrastruktur yang sudah dikembangkan, mudah mudahan cepat selesai, kedua dimensi pertanian dan ketiga dimensi periwisata,” ucap Kang Emil disela sela kunjungannya.

Baca juga  Tengah Malam, Klinik di Tambakdahan Terbakar Hebat

Untuk dimensi pariwisata lanjut Kang Emil, untuk dimensi pariwisata adalah wisata olahraga. Karena kawasan bukit ini selain kontur tanahnya berbukit bukit kita akan rekomendasikan untuk menjadi pariwisata olahraga para layang.

“Bisa dilihat kawasan perbukitan ini bawahnya lembah, ini sangat cocok sekali untuk wisata para layang. Mudah mudahan nantinya wisata para layang ini bisa jadi level Internasional. Pemprov pastinya akan dukung semua kebaikan dan usulan usulan dari Pemkab Subang,” ungkap Emil

Baca juga  Mobil Truck Pengangkut Tebu Terguling, PG Rajawali harus Bertanggung Jawab

Lebih lanjut Kang Emil menyampaikan, untuk ketahanan pangan, kawasan perbukitan ini ada lembah lembah yang berada di area lahan Perhutani yang pengelolaannya tidak termanfaatkan dengan baik.

“Nah, kita usulkan pertama kerjasama, diambil alih operasionalnya oleh pihak setempat.Kedua akan kita tanami sesuai arahan Pak Presiden (Joko Widodo) tentang suasembada pangan dengan Mentri Pertahana (Menhan).Nanti kita bangun kerjasama.Untuk jenis komoditi yang kita tanam, pakah bentuknya ubi ubian, kacang kacangan, beras berasan, yang pasti potensinya ada,” tutupnya.

Baca juga  Keren.. FDWS Deklarasikan Anti Hoax
Baca juga  Presiden Jokowi Resmi Lantik Idham Azis Jadi Kapolri

Bupati Subang H.Ruhimat mengatakan, terkait rencana program ketahanan pangan pihaknya telah melakukan langkah kerjasama dengan pihak Perum Perhutani KPH Purwakarta.

“Alhamdulillah, Pak Gubernur Ridwan Kamil sangat kagum dengan rencana program ketahanan pangan ini. Dan kita telah melakukan MoU dengan Pihak Perhutani. Dari luas sekitar 4000 hektar tanah Perhutani di wilayah kecamatan, Serangpanjang, Sagalaherang, Dawuan, Kalijati dan Cipeundeuy, rencananya kita akan jadikan kelaster pangan dalam rangka ketahanan pangan, baik itu dikelaster pertanian dan peternakan.
Kawasan hutan Perhutani ini berada di wilayah Kesatuan Pemangku Hutan (KPH) Purwakarta,” pungkasnya.

 

A.Tama

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini