Bupati dan Wabup Subang Ditest Swab

SUBANG,Lampusatu.com – Selepas apel pagi, Bupati Subang, Haji Ruhimat bersama Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi dan Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Aminudin menjalani Test Swab di Aula Pemkab Subang, Senin (3/8/2020).

Tes swab tersebut dalam rangka pencegahan virus Covid-19 dan klaster baru di lingkungan kantor Pemerintahan.

Selain Bupati, Wabup dan Sekda, test Swab ini juga dilaksanakan kepada seluruh Kepala Dinas dan pejabat lainnya yang telah hadir di ruangan aula. Sesuai target Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (TGTPP) Covid-19 Subang tes swab hari ini menyasar sebanyak 400 orang.

Baca juga  Kota Subang Raih Piala Adipura

Seperti diketahui, Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang sebelumnya  telah beberapa kali melakukan rapid rest, namun hasilnya dinyatakan negatif. Begitupun Wabup dan Sekda Subang.

Istimewa

Adapun perbedaan dari rapid test  dengan test SWAB yang saat ini dilakukan, adalah dari jenis sampel yang diambil.

Baca juga  Dulu Bak Kota Mati Akibat COVID-19, Begini Kondisi Wuhan Terkini

Rapid test dilakukan dengan mengambil sampel darah yang tujuannya memeriksa virus menggunakan antibodi IgG dan IgM yang ada di dalam darah. Antibodi tersebut terbentuk dalam tubuh saat mengalami infeksi virus. Sehingga ketika di dalam tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM dalam tubuh akan bertambah.

Baca juga  10.742 Pelanggan Nunggak, PLN Rayon Subang Gelar 'Operasi Gempur'

Hasil rapid test dapat memperlihatkan adanya IgG atau IgM dalam darah. Jika ada, maka hasil rapid test dinyatakan reaktif ada infeksi virus.

Namun, hasil rapid test bukanlah diagnosis pasti yang menggambarkan infeksi COVID-19. Maka, jika seseorang dengan hasil rapid test reaktif maupun non reaktif akan dianjurkan untuk menjalani pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan PCR swab.

Pemeriksaan PCR swab dilakukan dengan mengambil sampel lendir yang diambil dari dalam hidung maupun tenggorokan. area tersebut dipilih karena menjadi tempat virus menggandakan dirinya.

Baca juga  Dulu Bak Kota Mati Akibat COVID-19, Begini Kondisi Wuhan Terkini
Baca juga  PPP Subang Tolak Rencana Pemerintah Buka Pintu Investasi Industri Miras

Pemeriksaan ini dinilai lebih akurat, sebab virus corona akan menempel di bagian dalam hidung atau tenggorokan saat masuk ke dalam tubuh. Hasil akhir dari pemeriksaan PCR swab ini nantinya akan benar-benar memperlihatkan keberadaan virus SARS-COV2 di dalam tubuh seseorang.

Hingga berita ini diterbitkan, proses test swab terus dilakukan.

Pelaksanaan tes ini berdasarkan instruksi Gubernur Jabar, setelah 40 pegawai di Gedung Sate Bandung dinyatakan positif covid 19. (Adv).

 

Galih Andika

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini