Connect with us

Headline

Bupati Subang dan Kepala BBPBAP Jepara Salurkan Bantuan Langsung Benih Ikan Air Payau

Published

on

Foto : Bupati Subang, H.Ruhimat didampingi Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Subang, H.Rahmat Effendi menyalurkan bantuan benih ikan air payau di Kantor Koperasi Mina Laksana Desa Anggasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang, Kamis (2/7/2020) pagi.

SUBANG,Lampusatu.com – Bupati Subang, H.Ruhimat didampingi Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo dan Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Subang, H.Rahmat Effendi menyalurkan bantuan langsung sebanyak 3.060.000  ekor benih udang windu, udang vaname 1.470.000 ekor dan benih bandeng 160.000 ekor kepada 7 koperasi mina dan 5 kelompok pembudidaya ikan payau di 3 kecamatan (Blanakan, sukasari dan legon kulon)  di Kantor Koperasi Mina Laksana Desa Anggasari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang, Kamis (2/7/2020) pagi.

Ribuan benih ikan air payau tersebut merupakan bantuan Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara  sebagai bentuk kepedulian dari bencana banjir yang merendam seluas 3.777 hektare tambak dan empang  pada bulan Februari 2020 lalu, di tiga Kecamatan di Kabupaten Subang, Kecamatan Sukasari, Blanakan, dan Legonkulon.

Bupati Subang mengucapkan terimakasih atas kepedulian BBPBAP Jepara atas bantuan benih yang diberikan kepada para pembudidaya ikan air payau di wilayah Pantura Subang.

Baca juga  Menkop Lirik Potensi Budidaya Ikan di Subang untuk Ekspor

“Bantuan ini tentunya sedikitnya meringankan beban masyarakat khususnya pembudidaya ikan air payau yang terdampak banjir telah merugi. Semoga sekarang bisa bangkit lagi dan lebih semangat lagi,”ujar Ruhimat kepada Wartawan.

Untuk meningkatkan hasil tambak tersebut, Ruhimat dalam waktu dekat ini akan mengundang seluruh ketua Koperasi pembudidaya ikan air payau untuk berdiskusi khusus bagaimana para petani di tambak ikan air payau di Pantura juga bisa lebih sejahtera.

“Bahkan untuk mencapai tujuan tersebut, kami Pemerintah bakal menghadirkan para ahli terbaik di bidangnya seperti konsultan. Konsultan itu salah satunya kita mohon dari pihak Balai Benih Jepara,”terangnya.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Subang, Rahmat Effendi dalam sambutanya.

Ditambahkan Kadis Perikanan Subang, Rahmat Effendi berharap bantuan tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pembudidaya ikan air payau yang terdampak banjir

“Ini juga jadi motivasi bagi para pembudidaya ikan air payau untuk lebih semangat lagi,”ujarnya.

Baca juga  Go-Jek dan BTN Sediakan Cicilan Rumah Bunga 5 %

Bantuan yang diberikan balai benih Jepara itupun dijelaskan Rahmat, sebelumnya merupakan perjuangan Bupati Subang yang pro aktif dengan pihak BBPBAP Jepara untuk bisa mengatensikan bantuan benih dari 12 proposal yang diajukan dari masing-masing koperasi.

“Atas bantuan benih tersebut kami juga ucapkan terimakasih kepada BBPBAP jepara atas kepeduliannya. Meskipun Subang ini bukan wilayah kerjanya,”terangnya.

Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo dalam sambutannya.

Kepala BBPBAP Jepara Sugeng Raharjo mengaku kaget dengan antusias dari para ketua koperasi dan pembudidaya ikan air payau yang hadir dalam penyaluran bantuan benih tersebut . Meskipun Subang bukan wilayah kerjanya, namun pihaknya turut terpanggil dan tergerak untuk membantu para pembudidaya ikan air payau yang terdampak banjir lalu.

“Semoga bantuan ini meskipun tak seberapa bisa memotivasi lagi agar para pembudidaya ikan air payau agar bangkit lagi,”ujarnya.

“Benih ikan air payau yang hari ini disebar di kolam, paling bisa dipanen tiga sampai empat bulan kedepan,”timpalnya.

Baca juga  Puluhan Tukang Pos dan Ojol Mulai Distribusikan  Bansos Provinsi Jabar ke Warga Subang Terdampak Covid-19

Ketua Koperasi Mina Laksana Desa Anggasari Eeng mengaku senang bantuan benih ikan air payau yang diberikan oleh BBPBAP Jepara.

“Bantuan ini sangatlah meringakan beban kami (Pembudidaya Ikan paruh payau) untuk bangkit lagi. Karena banjir kemarin kita benar-benar merugi,”pungkasnya.

Selanjutnya Bupati Subang didampingi Kepala BBPBAP Jepara melepas secara simbolis benih ikan air payau di kolam ikan.

Hadir pada kesempatan ini juga Asda I Pemkab Subang, Unsur Muspika Sukasari, dan tamu undangan lainnya.

Adapun 7 koperasi dan 5 Kelompok pembudidaya ikan air payau yang menerima bantuan tersebut, diantaranya Koperasi Mina Karya Baru Sukasari, Koperasi Mina karya bhakti Blanakan, Koperasi Mina karya bhukti Blanakan, Koperasi Mina Tambak Jaya Blanakan, Koperasi Mina Laksana Anggasari, Koperasi Mina Karya Bukti Sejati Blanakan,Kelompok Pembudidaya Sumber Rezeki Legon Kulon, Sinar Harapan Legon kulon, dan Sinar Mentari Legon kulon, Kelompok Tegalsari Blanakan , dan kelompok Sri Rahayu Bahari Legonkulon.

Galih Andika