Bupati Subang dan Menhub Lepas Kapal Kalimantan II di Dermaga Pelabuhan Patimban

SUBANG,Lampusatu.com – Bupati Subang, H. Ruhimat mendampingi Menteri Perhubungan untuk mengikuti rangkaian kegiatan peninjauan progress pembangunan pelabuhan patimban di Kecamatan Pusakanagara, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu (31/10/2020) pagi.

Setelah mengikuti kegiatan rapat Tertutup, Kang Jimat sapaan akrab Bupati Subang bersama Menteri Perhubungan meninjau area Car Terminal dan Car Berth, yang progres pembangunannya sudah mencapai 92%. Car teminal ini memiliki dermaga berukuran 350 meter x 33 meter yang berkapasitas 218.000 CBU.

Area Car Terminal ini dibangun oleh Konsorsium Penta-Rinkai-TOA-PP-WIKA diharapkan dapat dilakukan soft opening pada bulan November tahun ini.

Baca juga  Hingga Larut Malam, Kebakaran di TPA Panembong Sulit Dipadamkan

Adapun lingkup pekerjaan yang dilakukan oleh konsorsium tersebut mencakup antara lain Car Berth, Container Bert, Car Terminal, Temporary Admi Area & Temporary Car Terminal, Truck Waiting Area, Container Terminal, Roack Work – North Bund, Utiliy Building Work, Temporary Admi Building Work, dan akses area. Selain pekerjaan proyek pembangunan Terminal di Paket 1, Perseroan bersama WIKA membangun Jembatan Pengubung sepanjang 1 kilometer dengan target penyelesaian pekerjaaan di bulan Desember 2021.

Dalam kesempatan tersebut Kang Jimat bersama menhub melepas kapal Kalimantan II yang sudah melaksanakan uji sandar di dermaga Pelabuhan Patimban. Terkait uji coba sandar tersebut telah dilaksanakan dan diawasi langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Laut.

Baca juga  Diguyur Hujan Deras, Jalan Penghubung Desa Kalijati Barat - Tangulun Timur Terputus

Kang Jimat dalam sesi konferensi pers menyampaikan, “Hampir selesainya pembangunan Pelabuhan Patimban tahap 1 ini bisa terlaksana karena kolaborasi bersama antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah. Saya sungguh berterima kasih untuk semua pihak yang terlibat dalam proses demi kemajuan bersama ini,”ujarnya.

Kang Jimat berharap Pelabuhan Patimban bisa menjadi simbol kebangkitan perekonomian khususnya masyarakat pesisir Subang.

Istimewa

“Terkait solusi untuk masyarakat pesisir termasuk nelayan yang terdampak, Kang jimat menyatakan dirinya telah melakukan koordinasi dengan kementerian terkait seperti Kemenhub dan Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk merumuskan bersama solusi terbaik,”jelasnya.

Baca juga  Korsleting Listrik,  Penyebab Kebakaran Sejumlah Warung Milik Pedagang di Pasar Pabuaran

“Paling tidak akan memastikan nelayan tetap bisa berlayar menangkap ikan. Akan dibentuk usaha bersama dan kelompok agar semua kepentingan bisa terakomodasi,”timpalnya.

Menteri Perhubungan, Budi Karya juga mengapresiasi jalannya koordinasi yang dilakukan oleh Pemda Subang yang menurutnya sangat kooperatif untuk memastikan pembangunan tahap awal Pelabuhan Patimban selesai tepat waktu.

“Mudah-mudahan operasional bisa berjalan efektif di bulan Desember. Ini akan membuka kesempatan kerja di sekitar wilayah Subang dan jadi awalan untuk Indonesia Maju,”pungkasnya. (Adv).

 

Galih Andika

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini