Connect with us

Headline

Bupati Subang Resmi Buka TMMD ke-108 Kodim 0605 Subang

Published

on

Foto : Bupati Subang, H.Ruhimat saat meninjau langsung pembangunan akses jalan Provinsi dari Kecamatan Serangpanjang dan Cipeundeuy program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahun 2020  di Aula Serbaguna Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Selasa (30/6/2020).

SUBANG,Lampusatu.com –  Bupati Subang, H.Ruhimat membuka secara resmi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 Tahun 2020  di Aula Serbaguna Kecamatan Serangpanjang, Kabupaten Subang, Selasa (30/6/2020).

Bupati Subang, H.Ruhimat mengapresiasi pelaksaaan program TNI Manunggal Membangun Desa  ke-108 yang dilaksanakan TNI Angkatan Darat, yakni Kodim 0605 Subang yang akan berlangsung pada tanggal 29 Juli 2020.

“Intinya saya secara pribadi dan Pemkab Subang sangat mengapresiasi kepada TNI, karena dalam pelaksanaan program TMMD ini selalu memberikan nilai positif kepada masyarakat,” ujar Bupati Subang H.Ruhimat.

Ia mengaku sangat mendukung kegiatan TMMD ke-108 yang dilaksanakan oleh Satgas TMMD Kodim 0605/Subang ini .

“Saya minta seluruh pihak terutama dinas terkait, pemerintahan kecamatan, pemdes, dan masyarakat desa yang menjadi lokasi TMMD dapat saling membantu dan selalu bekerjasama dengan Satgas TMMD Kodim 0605/Subang,”ujar Kang Jimat sapaan akrabnya Bupati Subang dalam sambutannya dalam membuka acara sekaligus  menyerahkan secara simbolis alat kerja kepada perwakilan Satgas TMMD dan Masyarakat didampingi Dandim 0605 Subang, Letkol Arh Edi Maryono.

Baca juga  Anggota MPR RI, Maruarar Sirait Ajak Kader TMP Amalkan Nilai-nilai Pancasila

Melalui program TMMD ke-108 ini, lanjut Kang Jimat, untuk mewujudkan mimpi warga Desa Talagasari yang diketahui ada 400 Kepala Keluarga untuk memiliki akses jalan  yang refresentatif.

“Karena selama ini, mereka terisolir. Akses dari perkampungan ke jalan utama itu harus menempuh 2 kilometer. Kalau ada yang sakit, mereka warga gotong royong membawa ke puskesmas dengan menggunakan tandu. Mudah-mudahan dengan TMMD ini, selain akses jalan yang refresentatif juga meningkatkan perekonomian masyarakat setempat,”jelasnya.

Baca juga  Dirawat 68 Hari Tak Sembuh-sembuh, Pasien Covid-19 di Klaten Diizinkan Mancing ?

Sementara itu Dandim 0605 Subang, Letkol Arh Edi Maryono mengungkapkan kenapa dipilihnya lokasi TMMD ke-108 di Kecamatan Serangpanjang.

Pertama ada perkampungan yang terisolir, kemudian untuk mengurai kemacetan jalan Subang dan Bandung yang selama ini dikeluhkan masyarakat atau pengguna jalan.

“Dalam TMMD ke-108 ini, untuk akses jalan akan dibangun jalan Provinsi sepanjang 8,5 meter dengan lebar 20 meter dari Serangpanjang hingga Cipeundeuy,”terangnya.

Ia mengaku sangat senang karena pembangunan akses jalan ini disambut luar biasa oleh warga setempat.

“Semoga TMMD dapat bermanfaat bagi masyarakat. Dan akses jalan itu bisa juga meningkatkan perekonomian masyarakat dengan banyak munculnya tempat wisata baru,”terangnya.

Dalam TMMD ke-108 ini, dijelaskan Dandim, ada dua pembangunan, fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik yang pokok itu berupa pembukaan akses jalan Serangpanjang ke Cipeundeuy.

Baca juga  Dini Hari, Muspika Purwadadi Lepas 11 Mobil Bus Rombongan Muslimat NU ke GBK

Sedangkan untuk
pembangunan fisik lainnya seperti rehab Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) milik warga di Kecamatan Serangpanjang sebanyak dua unit, pengecatan Mushola/Mesjid 1 unit, dan pembuatan Pos Kamling sebanyak 2 unit di Desa Cinta Mekar Kecamatan Serangpanjang.

“Sementara itu untuk non fisik adalah memberikan pemahaman soal wawasan kebangsaan, sosialisai kepada masyarakat soal bidang kesehatan tentang protokol kesehatan menuju Adaptasi Kehidupan Baru (AKB). Penyuluhan ini berkoordinasi dengan kepolisian, kementerian agama, serta pihak terkait lainnya,”paparnya.

“Adapun untuk anggaran pelaksanaan TMMD ke- 108 Tahun 2020 ini sebesar Rp.5,6 Milyar,”pungkasnya.

Hadir dalam pembukaan TMMD ke-108 ini, Wabup Subang, Ketua DPRD Subang, Unsur Muspida, Instansi terkait, dan warga setempat.

Galih Andika