Cegah Banjir dan Longsor, Kang Jimat Gorol Bareng Warga Desa Buniara ‘Bebersih’ DAS

SUBANG,Lampusatu.com – Kebersihan lingkungan di Kabupaten Subang mendapat perhatian Bupati Subang, H.Ruhimat.Tidak hanya kebersihan fasilitas umum, Bupati juga menyoroti daerah aliran sungai (DAS).

Pria yang akrab disapa Kang Jimat ini, mengajak masyarakat Subang untuk menjaga kelestarian lingkungan, alam dan hutan sebagai bentuk upaya mencegah terjadinya banjir dan longsor.

“Kebersihan lingkungan sangat penting. Harus mendapat perhatian semua pihak. Karena lingkungan yang tidak bersih bisa menyebabkan atau memicu munculnya penyakit,” kata Kang Jimat disela sela kegiatan Gorol (Gotong Royong Lobaan, di Kp.Wangun, Desa Buniara, Kecamatan Tanjungsiang, Rabu (14/10/2020).

Baca juga  Berikan Semangat, Bhayangkari dan Kapolres Majalengka Kunjungi Personel di Pospam Mudik Lebaran

“Salah satu upaya kita, tidak membuang sampah sembarangan, apalagi ke sungai yang bisa menimbulkan bencana banjir,” ucap Kang Jimat.

Kang Jimat juga meminta gerakan gotong royong kebersihan itu juga dilakukan di seluruh wilayah Subang.

Baca juga  Ulang Tahun ke-48, Wabup Subang Dapat Kejutan dari Bupati dan Forkopimda

“Mari kita wujudkan lingkungan yang bersih dan sehat di lingkungan, sungai yang bersih dari sampah,” katanya.

Pada kesempatan itu, Kang Jimat juga selaian mengajak masyarakat untuk melestarikan hutan, masyarakat juga diajak untuk menanam berbagai jenis tanaman bumbu di halaman rumah.

Baca juga  Mahasiswa dari 18 Negara Nikmati Pesona Awan di Bukit Pamoyanan

“Nah, dari hasil panennya, selain bisa dinikmati untuk jadi bumbu dapur seharai hari, pastinya bisa menghemat biaya belanja bumbu,” ungkapnya.

Kang Jimat menilai, kegiatan Gorol (Gotong Royong Lobaan) merupakan kegitan ajang silaturahmi dengan warga masyarakat secara langsung.

“Kami juga pastinya bisa menampung unek unek atau aspirasi masyarakat, dengan diskusi ringan,” katanya.

Kang Jimat juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah terlibat dalam kegiatan Gorol, yang digelar di Kp.Wangun, Desa Buniara, Kecamatan Tanjungsiang, Subang.

Baca juga  Ulang Tahun ke-48, Wabup Subang Dapat Kejutan dari Bupati dan Forkopimda
Baca juga  Dinilai Tidak Profesional, Gibas Tuntut Ketua Panwaslu Subang Mundur

Dari pantuan, Kegiatan Gorol tersebut diikuti tidak kurang 800 orang warga desa Buniara, yang merupakan Desa binaan BPBD Subang, selaras dengan program Ganas Madu, atau Gerakan Siaga Bencana Berbasis masyarakat terpadu atau gerakan Ganas Madu.

Tirut hadir dalam kegiatan itu, Dandim 0605 Subang Letkol.Arh Edi Maryono, Kepala BPBD Subang H.Hidayat, Kadis Dispmdes H.Nana Mulyan, Camat setempat serta para Kepala Desa

 

A.Tama

Populer

Berita terbaru

Berita Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini